UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Kontingen BSA Raih Juara Umum Tingkat Nasional pada Festival Bahasa Arab di UIN Syahida Jakarta

[www.uinsgd.ac.id] Kontingen Bahasa Sastra dan Arab (BSA) Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN SGD Bandung meraih juara umum tingkat nasional pada Festival Bahasa Arab, Harakah Musabaqah Al-Lughah Al-‘Arabiyyah (Hamasah) Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dari tanggal 23–27 Mei 2016.

Event Hamasah FDI 2016 ini bertajuk “Merefleksikan Spirit Bahasa Arab Melalui EkspresiDiri” yang merupakan agenda besar Fakultas Dirasat Islamiyah bekerjasama dengan Dema-FDI yang dilaksanakan setiap tahun untuk mengapresiasi kemampuan dan bakat mahasiswa maupun siswa yang memiliki ketertarikan dan minat untuk mempelajari keindahan dan kekayaan bahasa Arab, juga menjadi wadah untuk memperkenalkan kebudayaan Timur Tengah.

Acara ini dimaksudkan untuk menjalin Ukhuwah yang lebih erat antar Intern mahasiswa Fakultas Dirasat Islamiyah dan juga Ekstern dengan Mahasiswa di Fakultas maupun Universitas lain yang berbasis pada studi ke-Islaman dan tentunya dengan kalangan santri dari berbagai pesantren. 

Hamasah FDI 2016 ini memperlombakan; Debat Bahasa Arab, Musikalisasi Puisi, Arab Idol, Cerdas Cermat, MHQ, MTQ, Lukis kaligrafi, Stand Up Comedy. Seminar bertajuk “Merangkai Harmonisasi dalam Khazanah Kesenian Islami”, Bazar, Expo, Workshop dan donor darah.  

Ihwal keberhasilan kontingen Bahasa Sastra dan Arab pada acara Festival Bahasa Arab ini dibenarkan oleh Ketua Jurusan BSA, Rohanda, M.Ag, “Alhamdulillah berkat doa dan dukungan dari semua pihak kontingen BSA dapat meraih juara umum tingkat nasional pada Festival Bahasa Arab, Hamasah UIN Syarif Hidayatullah,” tegasnya. 

“Untuk kategori yang dimenangkan itu lomba Debat Bahasa Arab (M. Farid Ramdhani, Deden Suganda dan Muhammad Arif Wahidul Bad); pada kategori lomba Arab Idol (Neng Nuraeni) dan kategori lomba Baca Puisi Arab (Abdurahman),” jelasnya.  

“Secara khusus, kami ucapkan kepada tim kontingen BSA yang terdiri dari Ragha Eksa Utama, Samila Hub Albiir, Asep Nugraha, Muhamad Purwandi, Pungki Anom, Wildan Fazar, Yulia Zulfa, Hasbi Amrullah, M. Rifki Pramananda. Mudah-mudahan keberhasilan ini tidak membuat kita sombong, takabur, tapi lebih arif, bijaksana dalam menyikapi berbagai persoalan. Ini menjadi modal dalam mencetak lulusan BSA yang harus menguasai bahasa, khususnya Arab,” pungkasnya. [Humas Al-Jamiah]