UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

KKM merupakan Proses Belajar Menuju Pendewasaan

[www.uinsgd.ac.id] Seluruh peserta Kuliah Kerjanyata Mahasiswa (KKM) UIN SGD Bandung tahun akademik 2012/2013 mengikuti Diklat Pembekalan oleh para Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). KKM Kelompok 73, 74 dan 75, misalnya,  mengikuti Diklat yang disampaikan oleh Dr. Adeng Muchtar Ghazali, M.Ag. sebagai DPL kelompoknya di Pusat Informasi dan Komputer (Pusinfokom) Gedung Al-Jamiah lantai III, Jumat (18/1).

Dalam penjelasanya Adeng menguraikan, “Prinsip pelaksanaan KKM itu merupakan bagian dari proses pembelajaran bagi para mahasiswa di tengah-tengah pergaulan masyarakat agar lebih dewasa dalam berfikir dan  bertindak. Para mahasiswa telah memiliki  modal dasar dalam ber-KKM, yaitu: pertama, ilmu sesuai  dengan Program studi yang ditekuninya. Kedua, Pengetahuan agama dan sosial keagamaan,” paparnya.

Untuk itu, dalam melaksanakan program KKM di lapangan harus memperhatikan beberapa hal, yaitu ; mahasiswa belajar sikap terbuka, ada perubahan perilaku, koperatif, memperhatikan nilai-nilai moral (akhlak), peka terhadap lingkungan, penyesuaian diri, dan tanggungjawab. “Ini semua  menjadi indikator dari berhasilnya proses pendewasaan para mahasiswa , sehingga setelah selesai KKM terjadi perubahan pada diri kita,” tegasnya.

Adeng mengingatkan kepada seluruh peserta. “Jangan sekali-kali menggurui masyarakat, sikap ini yang sering tidak disukai oleh masyarakat, sehingga tidak terjadi dengan kehadiran mahasiswa KKM masyarakat merasa tidak nyaman, kita semua mau belajar kepada masyarakat” sarannya.

Berkenaan dengan masuknya Pemilihan Gubernur, Adeng berpesan “Jangan melibatkan diri dalam dukung mendukung terhadap calon tertentu, apalagi menjadi tim sukses satu Calon. Tolong lepaskan semuanya dan jangan ikut-ikutan,” pungkasnya. [Ibn Ghifarie, Dudi]