UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Kepulangan 33 Anggota Baru Mahapeka Disambut Meriah

[www.uinsgd.ac.id] Ada yang berbeda suasana di depan Auditorium UIN SGD Bandung, Ahad (24/11) pagi. Kursi-kursi dan sebuah mimbar sudah terpasang rapi. Orang-orang terlihat mengenakan slayer orange di leher. Seakan menyambut. Sebuah banner bertuliskan “Selamat Datang Anggota Muda Mahapeka” ikut menghiasi dekorasi.

Di dalam auditorium, terpasang pula sejumlah peralatan musik band. Di tempat itu akan diadakan pelantikan sekaligus penutupan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Mahasiswa Pecinta Kelestarian Alam (Mahapeka) UIN SGD Bandung yang ke-28.

Tak lama berselang, datanglah segerombolan orang berjalan kaki dengan tubuh penuh lumpur sambil menggendong carrier. Mereka terlihat bersemangat dengan teriakan yel-yel-nya. Suara gemuruh tepuk tangan dari anggota dan alumni Mahapeka ikut meramaikan penyambutan. Pemandangan mengharukan terlihat. Ada yang menangis dan ada yang sujud syukur setibanya di depan auditorium.

Upacara pun digelar, dengan dibacakannya kelulusan oleh panitia, sebanyak 33 orang resmi dilantik menjadi anggota muda Mahapeka UIN Bandung. Semua orang yang hadir waktu itu ikut menyalami peserta sebagai ucapan selamat datang di Mahapeka.

Menurut Dede Samsudin Ketua Mahapeka UIN SGD Bandung, diklat tahun sekarang mencatatkan rekor tersendiri bagi Mahapeka, karena dengan peserta terbanyak dibanding diklat-diklat sebelumnya yakni 33 orang. Ia menambahkan, untuk acaranya digelar di dua tempat. Pertama acara pradiklat di tebing Citatah selama dua hari yang lalu dilanjutkan Diklat di Rancaupas, Ciwidey, Bandung selama 9 hari. Di akhir acara, peserta melakukan long march dari Rancaupas menuju Kampus UIN.

“Untuk total peserta dari awal pendaftaran hampir 120 orang. Terus ada penyeleksian menjadi 59 orang, terakhir di pradiklat 39, sampai akhirnya tinggal 33 orang yang lulus hari ini, ‘’ kata Orok sapaan akrab Dede Kepada Suaka saat ditemui seusai acara pelantikan.

Dengan tema “Meningkatkan Kepedulian Mahasiswa Terhadap Lingkungan Melalui Pemahaman Organisasi Kepecinta Alam” Dede berharap anggota-anggota baru Mahapeka yang baru dilantik ini bisa menjadi generasi penerus Mahapeka selanjutnya.

“Mudah-mudahan dengan lahirnya generasi baru Mahapeka yang berjumlah 33 orang ini, mereka bisa aktif di organisasi dan menjadi anggota penuh atau kalau di kita anggota biasa. Dan mudah-mudahan bisa menjadi penerus Mahapeka sendiri,” Kata Dede.

Berdasarkan pantauan Suaka, pelantikan tersebut diakhiri dengan hiburan musik band dan jamuan makan siang setelah sebelumnya pemakian slayer oleh panitia kepada peserta sebagai bukti anggota Mahapeka.[Suaka Iqbal T. Lazuardi, Adi Permana]