UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Keikutsertaan FSH UIN SGD Bandung dalam Program Layanan Hukum di Melbourne, Australia

[www.uinsgd.ac.id] Dr. Deni Kamaludin Yusup, MA, Direktur Pusat Kajian Ilmu Syari’ah, Hukum, HAM, dan Kemasyarakatan (PKSHK)  Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN SGD Bandung mendapatkan kehormatan diundang dan difasilitasi oleh AIPJ (Australia Indonesia Partnership for Justice)-AusAID, untuk berkunjung ke beberapa lembaga, seperti: Family Court of Australia di Melbourne dan Dandenong, Federal Magistrate Court di Melbourne, Faculty of Law Monash  University, dan beberapa LSM di Melbourne, Australia.

Bersama dengan 24 peserta lainnya berangkat meninggalkan tanah air pada hari Sabtu (29/6/2013) untuk melakukan studi khusus di Melbourne Australia, berkaitan dengan peningkatan bantuan dan pelayanan hukum, terutama bagi masyarakat rentan seperti orang tidak mampu, perempuan, anak-anak, penyandang disabilitas dan mereka yang tinggal di tempat terpencil. Rombongan berada di kota Melbourne selama seminggu.

Studi khusus ini bertujuan membangun kemitraan antara pengadilan, klinik bantuan hukum universitas, LSM dan instansi pemerintah dalam memberikan layanan hukum yang berkualitas, terutama berkaitan dengan peningkatan kepemilikan legal identity.

Peningkatan kemudahan akses terhadap proses kepemilikan legal identity, yang terdiri dari akta kelahiran, akta nikah dan akta cerai, khususnya bagi masyarakat rentan, merupakan salah satu program unggulan dari AIPJ.[]