UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Karakter Visioner Pramuka Harus Sinergis dengan Visi-Misi UIN SGD

[www.uinsgd.ac.id] Sebanyak 1176 mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung (318 putra dan 858 putri) mengikuti Pengenalan Kepramukaan (PEKA) Tahun 2015, Gugus Depan 23001/23002 yang bertema “Pramuka dan Penguatan Karakter Hidup Visioner” . Acara PEKA ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor I, Prof. Dr. H. Asep Muhyiddin, M.Ag. yang digelar di Aula Multipurpose, Sabtu (19/09).

Rektor UIN SGD Bandung, melalui Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. H. Asep Muhyidin, M.Ag dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Gerakan Pramuka UIN SGD Bandung yang telah ikut mengharumkan nama baik Universitas atas prestasi-prestasi yang telah diraihnya, terlebih Gerakan Pramuka UIN SGD Bandung yang mewarnai dan menginspirasi Perguruan Tinggi lain untuk sama-sama membangun Gerakan Pramuka dikalangan mahasiswa.

Wakil Rektor I berharap, gerakan Pramuka UIN SGD Bandung untuk menjadikan gerakan pramuka sebagai laboratorium kehidupan yang dapat membangun karakter hidup yang visioner kedepan sesuai dengan tema yang diambil dalam PEKA Tahun 2015 tersebut. “Sebagai orang tua dan unsur Pimpinan di UIN SGD Bandung tentu kami berharap, agar Gerakan Pramuka ini mendukung dan sinergis dengan Visi dan Misi UIN SGD Bandung yang telah disosialisasikan oleh Bapak Rektor, untuk menjadikan UIN SGD Bandung sebagai Perguruan Tinggi yang Unggul dan Kompetitif”, tuturnya.

Bagi Dr. Mursidin, M.Pd-MT sebagai Pembina Pramuka Gudep 23001/23002 mengatakan bahwa kegiatan PEKA ini sangat penting untuk diikuti oleh mahasiswa/i baru UIN SGD Bandung terlebih untuk mahasiswa/i yang aktif di kepramukaan. PEKA ini sebagai langkah awal untuk memulai keaktifan mahasiswa/i di Gerakan Pramuka khususnya Gugus Depan 23001/23002 Pangakalan UIN SGD Bandung. “Ditengah kehidupan era globalisasi ini dan akan diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), akan menambah tantangan kedepan semakin berat. Oleh karena itu, mahasiswa/i harus secara sadar menjawab Keptidakpastian masa depan tersebut dengan memastikan masa kini”, tuturnya. 

Ketua Sasana Kerja, Asep Nurhidayat menjelaskan bahwa peserta PEKA UIN SGD Bandung Tahun 2015 adalah mahasiswa/i baru angkatan 2015 dari berbagai Fakultas dan Jurusan dilingkungan UIN SGD Bandung. “Orientasi Kepramukaan ini telah mendapat Surat Keputusan dari Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, yaitu : SK. Rektor No. 02 tahun 1989 yang dikuatkan kembali dengan SK. Rektor No. Un.05/I.2/PP.00.9/173/2013 tentang Pengenalan Kepramukaan (PEKA) untuk seluruh Mahasiswa Baru”, tuturnya.

Atas nama Rektor, Prof. Dr. H. Asep Muhyidin, M.Ag., membuka PEKA 2015 tersebut dengan memukul gong tiga kali.[Humas Al-Jami’ah UIN SGD Bandung]