UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Kampus IV UIN SGD akan Terwujud di Sumedang

Rencana Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati membangun kampus baru di Kabupaten Sumedang segera terealisasi.Pembangunan Kampus IV tersebut akan dibangun di Desa Mekar Rahayu Kecamatan Sumedang Selatan di atas tanah seluas 16 hektar. Disampaikan Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir saat menerima Audensi UIN Sunan Gunung Djati Bandung, di Gedung Negara, Rabu (28/8/2019).

Dikatakan Dony Ahmad Munir, Pemerintah Daerah menyambut baik usulan pembangunan kampus tersebut dan memfoll-up nya dengan mencari lahan negara yang belum termanfaatkan di Desa Mekar Rahayu.

Ditambahkan, berdirinya UIN di Kabupaten Sumedang, diharapkan mendorong peningkatan kualitas SDM masyarakat Sumedang melalui pengembangan IPTEK. Pada akhirnya turut mencerdaskan dan mensejahterakan masyarakat Jawa Barat.

“Kalau sudah ada kampus UIN setidaknya akan mengembangkan kawasan Sumedang, kemudian IPTEK dari perguruan tinggi tersebut akan dimanfaatkan masyarakat Sumedang dan pada akhirnya akan ikut mencerdaskan dan mensejahterakan masyarakat Jawa Barat karena kalau ada perguruan tinggi biasanya akan tumbuh ilmu pengetahuan dan teknologi di daerah tersebut,” kata bupati.

Sementara itu, Wakil Rektor UIN Ulfiana mengatakan bahwa pertemuan tersebut membahas follow up mengenai tindak lanjut dari MOU sebelumnya yang sudah dibangun antara UIN dengan Pemerintah Kabupaten Sumedang terkait peningkatan mutu pendidikan dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat serta mengenai kesiapan UIN terkait rencana pembangunan kampus baru.

“Jadi, kita dalam rangka silaturahmi dan kerjasama program pengabdian mahasiswa KKN UIN di Kabupaten. Selain itu, berbagai riset pun sudah dilakukan, kami juga melakukan penawaran terkait tempat pengembangan lingkungan agro wisata religi di Sumedang dan untuk menjadikan lokasi keempat kampus UIN,” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Sumedang didampingi Asisten Pemerintahan, Endah Kusyaman, Kabag dan Kasubag Bagian Kerjasama. (AHS/Humas Smd)

Sumber, Pripos.id 28 Agustus 2019