UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Kabag Perencanaan Pelopori e-Planning

[www.uinsgd.ac.id] Upaya meningkatkan kualitas pelayanan prima, Kepala Bagian Perencanaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Dra. Hj. Euis Heni Herlina, M.Pd., mempelopori implementasi e-Planning dalam pelaksanaan pelayanan dibidang perencanaan melalui membangun Aplikasi Layanan Informasi Perencanaan (ALIP) berbasis Teknologi Informasi.

ALIP ini merupakan Proyek Perubahan yang sedang dikerjakan oleh Kepala Bagian Perencanaan dalam Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) Tingkat III Angakatan I, Kementerian Agama RI Tahun 2017 yang diikuti 30 peserta.  

Dalam rangka mengawali implementasi sistem tersebut, Bagian Perencanaan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung, menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi dan Uji Coba Aplikasi Layanan Informasi Perencanaan (ALIP)UIN Sunan Gunung Djati Bandung, pada Selasa (20/6), bertempat di Ruang Sidang O. Djauharuddin A.R.

Dra. Hj. Euis Heni Herlina, M.Pd. menjelaskan tentang kehadiran ALIP ini dilatar belakangi oleh penyusunan RKAKL tahun 2017 yang belum menggunakan teknologi informasi dalam mengajukan anggaran. “Terintegrasinya sistem informasi perencanaan yang berbasiskan pada teknologi di lingkungan UIN SGD Bandung mulai dari sistem informasi, sistem kepegawaian, sampai sistem keuangan. Kehadiran ALIP ini diharapkan dapat menjadi model dalam membuat TOR, RAB bagi setiap unit kerja yang sesuai dengan aturan,” tegasnya.

Sistem ALIP ini dapat mengefektivkan proses pengajuan anggaran pada Rencana Kerja Tahunan (RKT). “Adanya sistem ALIP diharapkan bisa memberikan kejelasan dan keputusan layak atau tidak pada setiap pengajuan TOR, RAB kegiatan serta memberikan ruang perbaikan atau revisi pengajuan TOR, RAB dalam RKT. Tentunya harus disesuaikan degan standar kriteria yang telah ditetapkan dan dikonsultasikan sesuai arahan SPI dan pimpinan,” jelasnya.               

Menurut Rektor, Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si., dalam sambutannya menyatakan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak yang mendukung penguatan-penguatan Teknologi Informasi dilingkungan kampus terlebih UIN Sunan Gunung Djati Bandung sedang dipersiapkan menjadi Smart Campus. “Prinsipnya kepada semua pihak yang mendukung penguatan-penguatan Implementasi IT dalam rangka meningkatkan pelayanan, pimpinan akan sangat mengapresiasi, karena akan memberikan banyak manfaat untuk pengembangan lembaga”, tuturnya.

Bagi Fajar Rukman, MM., sebagai Coach Proyek Perubahan (Proper) tersebut mengapresiasi hasil dari presentasi dan uji coba Sistem e-Planning yang telah dikemas dalam Aplikasi Layanan Perencanaan (ALIP) UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang telah dibangun oleh Kepala Bagian Perencanaan dan Tim Efektif. Ia berharapa agar pada pelaksanaan ujian terakhir mendapatkan hasil yang maksimal dan sistem yang dibangun dapat menjadi prototype bagi Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKIN) diseluruh Indonesia. [Humas Al-Jamiah]