UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Kabag Kemahasiswaan Tutup Diklatsarmil ke-31 Menwa Kompi BS

[www.uinsgd.ac.id] Kepala Bagian Kemahasiswaan H. Asep Saepudin Malik, M.Ag., bertindak sebagai inspektur pada Upacara Penutupan Pendidikan dan Pelatihan Dasar Militer (Diklatsarmil) Operasi Fathahillah ke XXXI Tahun 2016/2017, Komando Resimen Mahasiswa Mahawarman Kompi Berdiri Sendiri (BS) UIN Sunan Gunung Djati Bandung di Lapangan Gedung Anwar Musaddad, Sabtu (18/02).

Upacara penutupan Diklatsarmil ke-31 yang diikuiti 21 peserta ini dihadiri para alumni dan Keluarga Besar Menwa Kompi BS dan keluarga para anggota baru. Dalam amanatnya Kabag Kemahasiswaan menjelaskan keberadaan mantan peserta didik yang telah mengikuti pendidikan ini, merupakan wujud perhatian dan respon pemimpin UIN SGD Bandung dalam menyiapkan kualitas sumber daya personel resimen mahasiswa di bidang ilmu pengetahuan dan dasar kemiliteran, “maka berbahagialah kalian semua menjadi anggota menwa yang baru, yang terpilih melalui seleksi dan mendapat kepercayaan  serta kehormatan mengikuti pendidikan dan latihan dasar kemiliteran taghun 2017,” tegasnya.

Sebagai kader yang profesional di bidang kemiliteran dan disiplin, Kabag Kemehasiswaan berpesan, “Untuk itu, kalian harus mampu memelihara pengetahuan dan keterampilan yang telah dicapai serta senantiasa meningkatkannya agar tidak tertinggal dengan segala perubahan yang begitu cepat,” paparnya.

Kabag Kemahasiswaan menyampaikan beberapa penekanan dan harapan; Pertama, pelihara dan tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah swt, dengan senantiasa memohon doa, agar kita mendapat petunjuk, bimbingan dan lindungan-Nya dalam melaksanakn tugas sebagai mahasiswa dalam rangka pengabdian kepada agama, bangsa dan negara yang kita cintai. Kedua, pelihara dan tingkatkan kemampuan yang kalian telah peroleh, dengan menumbuhkan budaya belajar serta mendiri di tempat kalian menuntut ilmu. Ketiga, pelihara dan tingkatkan motivasi dan tekad untuk mendukung peningkatan belajar sesuai dengan tugas masing-masing sebagai mahasiswa UIN SGD Bandung. Keempat, setiap melaksanakan tugas atau belajar agar senantiasa memegang teguh asas tujuan dengan prinsip untuk selalu berbuat yang terbaik. Kelima, pelihara dan utamakan tindakan keamanan, selama perjalanan kembali ke rumah masing-masing.

“Kepada mantan peserta didik atau anggota Menwa yang baru dilantik, saya ucapkan semata, semoga  menjadi anggota menwa yang handal dan bermanfaat baik untuk diri sendiri, orang tua serta kampus UIN SGD Bandung yang kita kintai ini,” pungkasnya.  

Upacara penutupan Diklatsarmil ke-31 ini dipungkas dengan penyematan baret ungu oleh orang tua siswa kepada putra-putri mereka yang diikuti dengan pemberian ucapan selamat kepada anggota baru Menwa Mahawarman, yang dipimpin oleh Kabag Kemahasiswaan dengan diikuti para tamu undangan dan diakhiri dengan foto bersama. [Humas Aljami’ah]