UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Jurusan Ilmu Komunikasi UIN SGD Gelar Sosialisasi Job Training

Menjelang berakhirnya perkuliahan semester genap 2019, Jurusan Ilmu Komunikasi mengadakan sosialisasi job training kepada mahasiswa semester 6, Senin 27 Mei 2019. Kurang lebih 200 mahasiswa mengikuti kegiatan yang diselenggarakan di selasar masjid Ikomah UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Sosialisasi ini diadakan rutin setiap tahun. Tujuannya ialah untuk memberikan pengetahuan, pemahaman, dan pembekalan kepada mahasiswa yang akan melakukan job training. Meskipun hanya 2 sks tetapi job training ini wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa yang sudah memenuhi syarat.

Pelaksanaan job training ini selama 40 hari terhitung dari setelah selesainya semester genap sampai akhir semester ganjil, yaitu mulai awal Juni sampai akhir Januari. Namun tidak menutup kemungkinan kalau perusahaan dan medianya meminta untuk lanjut sampai melebihi batas yang ditentukan jurusan, tidak masalah selama mahasiswa masih bisa melakukannya.

Mahasiswa bebas menentukan perusahaan dan media mana yang menjadi tempat job training, sesuai dengan kebutuhan, minat, dan peluang di perusahaan dan medianya.

“Karena mahasiswa memiliki kompetensi dan target yang berbeda dalam setiap job trainingnya,” ujar Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi Darajat Wibawa melalui siaran pers, Selasa (28/5/2019).

Diadakannya job training ini sebagai media mengasah keterampilan, mental, dan softskilllainnya. Seperti kesabaran, ketabahan, ketangguhan, dan keuletan dalam menjalankan tugasnya sebagai calon humas dan jurnalis.

“Di kelas mereka hanya mengenal teori, dan kurang akan praktik. Job training inilah sarananya. Kalau mereka terbiasa praktik ketika kuliahnya, di jamin job trainingnya aman dan lancar, tetapi kalau mereka ketika kuliahnya hanya mengandalkan teori, maka akan kelimpungan ketika job training. Tidak aneh kalau banyak mahasiswa yang gagal ketika job training. Padahal job training itu sebagai jembatan untuk menuju tangga professional,” ujar Encep Dulwahab, Ketua Prodi Ilmu Jurnalistik.

Selain mengasah keahlian dan mental, diselenggarakannya job training juga sebagai pintu gerbang menuju kesuksesan. Hampir setiap tahun mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi yang bisa mendapat pekerjaan setelah melakukan job training.

Imron Rosyidi, selaku Ketua Prodi Ilmu Humas, mengatakan tidak sedikit mahasiswa yang setelah job training langsung diminta untuk bergabung dengan perusahaan atau media. “Karena kualitas dan kompetensinya sudah cocok dengan perusahaan dan media bersangkutan,” ujarnya.

Ada beberapa tahapan dalam job training di Jurusan Ilmu Komunikasi, yaitu persiapan, pelaksanana, dan laporan. Di akhir setelah laporan job training, mahasiswa akan diminta untuk melakukan seminar dengan tujuan untuk menguji dan mengecek data-data yang menjadi karya-karyanya selama job training.(Adi Ginanjar Maulana)

Sumber, Ayo Bandung 28 Mei 2019