UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Jurusan AFI Optimistis Terakreditasi A

Sesuai rencana, visitasi asesor dalam rangka akreditasi jurusan Aqidah dan Filsafat Islam (AFI) Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung secara resmi dibuka Senin, 25-03-2019 pagi tadi. Dua guru besar yang jadi asesor yakni Prof. Dr.Risan Rusli, MA dari UIN Raden Fatah Palembang  dan Prof. Mukhtasar Syamsuddin,Ph.D dari Universitas Gadjah Mada datang sekitar pukul 08.30 WIB disambut Ketua Jurusan AFI Muhlas M.Hum dan sorang alumni AFI kandidat Doktor di UGM, Acep Rahmat, M.Hum.

Acara visitasi sendiri dibuka secara resmi oleh Rektor UIN SGD Bandung, Prof.DR.Mahmud M.Si didampingi Dekan Fakultas Ushuluddin, Prof.DR.Rosihon Anwar beserta para pembantu dekan. Dalam sambutannya, Rektor menegaskan kegiatan akreditasi yang telah menjadi agenda lima tahuna Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) harus dipersiapkan dengan maksimal. Dan melihat persiapan yang dilakukan sejumlah jurusan di Fakultas Ushuluddin dalam akreditasi kali ini Rektor opmtimistis jurusan AFI bisa mendapat nilai tertinggi yakni A.

Usai dibuka Rektor, tim asesor langsung tancap gas melakukan serangkaian pemeriksaan. Dari pantauan dapat disimpulkan pemeriksaan sejumlah berkas kelengkapan yang tertuang pada borang akreditasi berjalan lancar. Ketua jurusan AFI bersama para staf dan mahasiswa tampak sigap menjawab semua pertanyaan sekaligus menunjukan bukti yang diminta asesor. Proses akreditasi sendiri berjalan selesai sekitar pukul 15.00 WIB. Dan sekitar pukul 16.00 dilakukan penutupan dan penyerahan berkas pemeriksaan dari asesor kepada ketua jurusan.

Perlu diketahui, penutupan akreditasi jurusan AFI sekaligus menutup rangkaian akreditasi semua jurusan di fakultas ushuluddin. Yang pertama diakreditasi adalah jurusan Ilmu Alquran Tafsir (IAT) dan hasilnya sudah diketahui yakni terakreditasi A. Sedangkan jurusan lainnya yakni Jurusan Studi Agama Agama, Jurusan Ilmu Haidts, Tasawuf Psikoterapi masih menunggu pengumuman dari BAN-PT. Sedangkan jurusan AFI adalah jurusan terakhir yang menjalani akreditasi Senin, (25-03-2019) ini. (Nurholis)