UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Jurnal Wawasan Terima Penghargaan Research and Publication Awards UIN SGD Bandung

Masuknya Wawasan, jurnal ilmiah agama dan sosial budaya Fakultas Ushuluddin (FU) UIN Sunan Gunung Djati Bandung dalam Jurnal Akreditasi Nasional Sinta 2 mengutakan sebagai pusat studi ilmu-ilmu keushuluddinan.

“Ahamdulillah berkat para pejuang jurnal. Malam tadi Jurnal Wawasan mendapatkan penghargaan Research and Publication Awards UIN SGD Bandung untuk kategori Jurnal Akreditasi Nasional Sinta 2,” ungkap Dekan FU, Prof. Dr. H. Rosihon Anwar, M.Ag dalam acara Rapat Koordinasi Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung tahun 2018 yang dibuka Wakil Rektor III, Prof. Dr. H. Muhtar Solihin, M.Ag di Hotel Sutan Raja, Soreang Kabupaten Bandung, Kamis (20/12) malam.

Selama tahun 2018 Fakultas Ushuluddin memproritaskan 12 target yang harus di capai; Akreditasi BAN-PT untuk semua program studi, Akreditasi Jurnal wawasan, Peningkatan status Jurnal Prodi, ICON-QUHAS, Rangkaian HUT Emas Ushuluddin, Penguatan Asosiasi Keilmuan, Penguatan Publikasi, Penguatan kerjasa sama, Penguatan penguasaan Bahasa Asing (Inggris, Persia dan Arab), Penguatan Laboratorium Pengabdian Masyarakat berbasis Islam Moderat, dan ISO 2000.

“Dalam kesempatan yang berbahagia ini, izinkan saya seja tasyakur bin nimah atas segala capaian prestasi di lingkungan Fakultas Ushuluddin yang menegaskan pusat studi informasi ilmu-ilmu keushuluddinan. Alhamdulillah selain Jurnal Wawasan. Al-Bayan, jurnal Studi Ilmu Alquran dan Tafsir (IQT) Fakultas Ushuluddin masuk di Sinta 4. Untuk akreditasi IQT. Alhamdulillah mendapatkan nilai 373,” jelasnya.

Menurut Prof. Dr. H. Muhtar Solihin, M.Ag. “Dengan mendapatkan penghargaan pada malam anugrah penelitian dan publikasi untuk kategori Sinta 2 bagi jurnal Wawasan. Menunjukkan keberadaan Ushuluddin dalam bidang publikasi terus meningkat dan menjadi rujukan bersama dalam urusan Jurnal,” tegasnya

Dengan mempublikasikan segala prestasi Ushuluddin dimunculkan di permukaan, kata Prof. Dr. H. Muhtar, ‚ÄúPublikasi menjadi sangat penting untuk memberikan nuansa dan informasi baru kepada masyarakat, sehingga masyarakat akan memperhitungkan Fakultas Ushuluddin yang sekarang,” pungkasnya.

Untuk bidang kemahasiswaan, capaian Fakultas Ushuluddin meraih prestasi selama bulan oktober-november: Muchammad Fariz Maulana Akbar, Jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir meriah juara 1 lomba Pidato Bahasa Arab Mahasiswa tingkat Nasional dalam acara Semarak Festival Arab IX (SAFAR 9) di UIN Negeri jakarta, 4-6 November 2018: Juara 1 lomba pidato bahasa Arab Mahasiswa tingkat Nasional dalam acara HAMASAH di UIN Jakarta, 15-17 November 2018: Juara 1 Lomba Pidato Bahasa Arab antar Umum Tingkat nasional dalam acara ZUKHRUF di UIN Sunan Ampel Surabaya, 23 November 2018.

Niswatul Mufidah, Jurusan Studi Al-Quran yang meriah Juara 1 Kelompok Putri lomba tafsir Bahasa Inggris Musabaqah Tilawatil Quran nasional (MTQN) XXVII 2018 di Medan, Oktober 2018.

H. Mohammad Rifat Albanna, Jurusan Ilmu Al-quran dan Tafsir yang meraih Juara 2 Kelompok Putra Lomba tahfidz 30 Juz Musabaqah Tilawah Quran nasional (MTQN) XXVII 2018 di Medan, Oktober 2018.

Sumber, Ada Berita Net, 20 desember 2018