UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Jadikan PIONIR sebagai Media Silaturahmi

[www.uinsgd.ac.id] Pekan Ilmiah, Seni, dan Riset (PIONIR) ke-VI akan diselenggarakan di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Maulana Malik Hasanudin Banten pada tanggal 19-24 Agustus 2013. Sebanyak 70 mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung akan mengikuti kegiatan tersebut, mereka terdiri dari mahasiswa/i berprestasi UIN yang telah melalui proses seleksi.

Selasa (23/07) Wakil Rektor UIN Prof. Dr. H. Ali Ramdani, S.Pt., MT memberikan pengarahan kepada sekitar 40 mahasiswa peserta PIONIR yang hadir di Aula Al-Jamiah sekaligus buka bersama. Turut mendampingi, Kabiro Kemahasiswaan Drs. Habudin, M.Si., Kabag Kemahasiswaan Drs. H. Asep Saepudin Malik, M.Ag, dan PD III Fakultas Dakwah dan Komunikasi Dr. Ujang Saefullah, M.Si.

“Kegiatan Pioner jangan diharapkan menjadi ajang untuk mengukir prestasi seperti halnya pemain tingkat dunia, namun pada prinsipnya mari kita sukseskan acara ini sebagai sebuah media mengasah minat bakat juga media silaturahmi antara mahasiswa PTAIN se-Indonesia,” ujar Ali.

“Kita akan bertemu dengan mahasiswa lain dari Perguruan Tinggi sei Indonesia. Oleh karena itu jaga sikap. Bagi nanti yang kalah boleh kalian pulang, tapi jika merasa punya kekerabatan dengan mahasiswa lain dari kampus lain, inilah ajang untuk bersilaturahmi. Barangkali ingin berkenalan dengan perguruan tinggi Islan dari Papua misalnya, ini menjadi kesempatan bagi kalian,” tambah Ali.

Ali meminta kepada 70 mahasiswa yang akan diberangkatkan agar jangan terlalu menggantungkan diri kepada panitia. Bahkan ia menyarankan agar mahasiswa membawa bekal yang cukup secara pribadi, walaupun panitia juga menyediakan.

“70 orang delegasi dari UIN akan berangkat tanggal 18, tolong siapkan keperluan pribadi dan keperluan lainnya. Dana buat mahasiswa memang akan dibekali secukupnya, penginapan juga nanti tidak akan dibeda-bedakan dengan Wakil Rektor, PD-PD ataupun panitia, kita akan menginap di hotel yang sama,”pintanya.

Di sela-sela pengarahan dari Pemangku Kemahasiswaan, ditampilkan calon peserta yang akan diikutsertakan untuk lomba tarik suara, Desy, mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi yang pernah menjuarai lomba menyanyi solo muslimah tingkat nasional. Dengan suara merdunya ia dapat menarik perhatian mahasiswa di tengah suara tabuhan drum yang datang dari halaman rektorat.

Sementara itu Kepala Biro Kemahasiswaan Drs. Habudin meminta kepada mahasiswa agar mampu menunjukan prestasinya karena UIN SGD Bandung sekarang sedang dilirik oleh Rektor-rektor PTAIN lain, karena peminatnya mencapai 52.000.

“Dengan prestasi tersebut, paling tidak UIN sejajar dengan PT di Indonesia,” ujar Habudin.

Kabag Kemahasiswaan, H. Asep Saepudin Malik, M.Ag,  bertekad “Sehubungan dengan acara PIONIR VI ini merupakan ajang silaturahim PTAIN. Disamping kita juga harus menggali segala potensi olahraga, seni dan riset yang ada di mahasiswa. Mudah-mudahan kita berprestasi di acara PIONIR VI ini. Jika tida bisa. Ya tidak apa-apa. Inikan ajang silaturahmi,” tegasnya kepada Pusinfokomp saat dihubungi di ruang kerjanya, Gedung Al-Jamiah lantai IV, Selasa (23/7)

Acara ditutup dengan Kultum dari calon peserta yang akan berlomba pada kelas tahfidz 10 juz, mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, sebelum akhirnya buka bersama.***[Dudi, Ibn Ghifarie]