UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Islam dan Kesalehan Multikultural

“Dengan penduduk sekitar 206 juta dan lebih dari 1000 etnis dan sub kelompok etnis, Indonesia tidak diragukan lagi merupakan salah satu negara yang paling beragam etnis dan budaya di dunia”. Sehingga, semboyan bangsa kita “Bhineka Tunggal Ika” cukup memberikan gambaran kepada siapapun akan pluralismenya bangsa ini.

Pluralisme yang dikemas dalam bingkai persatuan (tauhidul ummat) dalam naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Beragam budaya, agama, suku, dan pemahaman menghiasi bumi pertiwi ini. Bahkan, menurut  Karrel Stenbrink sejarahwan berkebangsaan belanda menyatakan  dunia memujinya akan persatuan dalam keragaman ini, hidup dalam keramahtamahan yang dibingkai dalam Bhineka Tunggal Ika.

Pada tahun 1979, di kota Vatikan Roma, diadakan konferensi internasional yang dihadiri oleh seluruh tokoh dan pembesar agama dunia. Dalam konferensi tersebut terungkap, Indonesia merupakan negara percontohan dalam kehidupan toleransi antar umat beragama. Bahkan Paus Paulus II pun mengatakan “Indonesia meskipun terdiri dari beragam suku bangsa, bahasa, adat istiadat dan agama namun hidup dalam kerukunan dan keramahtamahan.[]

Makalah Juara I (Mendali Emas) pada lomba Musabaqah Kandungan Ilmuah Al-Quran (MQIK) di acara Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR VI) di IAIN SMH Banten, 19- 24 Agustus 2013.