UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

IKOPIN-UIN SGD Bandung Jalin Kerjasama Bidang Ekonomi Syariah & Riset Bersama

Sebanyak 16 rombongan yang terdiri dari Rektor, Wakil Rektor, Direktur Program Studi, Ketua dan Sekretaris di lingkungan Institut Manajemen Koperasi Indonesia (IKOPIN) melakukan kunjungan ke UIN SGD Bandung dalam rangka silaturahmi dan kerjasama dalam bidang pendidikan, pengajaran dan pengabdian masyarakat, terutama ekonomi syariah.

Kunjungan dari IKOPIN ini diterima langsung Wakil Rektor I Bidang Akademik, Prof. Rosihon Anwar, M.Ag didampingi Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama dan Kelembagaan, Prof. Dr. H. Ulfiah., M. Si, Ketua Pusat Kerjasama, Prof. Dr. H. Tajul Arifin, MA., Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Dr. H. Dudang Gojali, M.Ag, di ruang Sidang Rektorat, gedung O. Djauharuddin AR, lantai II, Senin (16/09/2019).

Rektor IKOPIN, Dr. Burhanuddin Abdullah, Ir., MA. menjelaskan kunjungan ini dalam rangka silaturahmi dan penjajakan kerjasama dalam proses pembelajaran, pertukaran dosen dan mahasiswa, penelitian dan publikasi pada jurnal terakreditasi, bereputasi antara IKOPIN dengan UIN SGD Bandung.

“Mudah-mudahan dengan melakukan silaturahmi, kunjungan dan kerjasama dengan UIN Bandung ini bisa berjalan dengan lancar dalam mengembangkan nilai-nilai ekonomi kerakyatan dan ekonomi syariah,” tegasnya.

Rektor IKOPIN menegaskan kehadiran ekonomi syariah harus menjadi solusi atas permasalahan ekonomi yang dihadapi bangsa Indonesia. “Makanya kami merangkul UIN SGD Bandung, karena kami akan mengembangkan ekonomi syariah. Pemerintah sudah memulai dengan banyaknya program ekonomi. Namun kurang terasa sampai ke akar rumput. Oleh karena itu, kaum akademisi yang memahami teori ekonomi hendaknya ikut berpartisipasi mewujudkan kesejahteraan ekonomi rakyat dengan menjadi pelaku ekonomi, mulai saat ini dan dari sekarang,” jelasnya.

Pihak UIN SGD Bandung sangat menyambut baik kunjungan dan kerjasama dari IKOPIN, Wakil Rektor I Bidang Akademik, Prof. Rosihon Anwar, M.Ag mengungkapkan. “UIN SGD Bandung selalu meletakan nalar akademis dalam memetakan pengembangan keilmuan dan skill tehadap mahasiswa, output yang dihasilkan harus bias menjawab tantangan zaman. Dengan Wahyu Memandu Ilmu kita sinergiskan perwujudan pengembangan ekonomi syariah dan riset bersama. Termasuk juga progres jurnal yang terakreditasi, ” tuturnya.

Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama dan Kelembagaan, Prof. Dr. Hj. Ulfiah menambhakan, “Alhamdullah, UIN SGD Bandung terus berbenah dalam segala hal. Acara silaturahim dan shering gagasan akademik antar kampus ini sangat berarti untuk pengembangan kelembagaan dan profit optimal jangka panjang,” tuturnya.

Dalam acara dialog, Ketua Jurusan Manajemen Keuangan Syariah, Dr. Deni Kamaludin Yusup, MA mengungkap pentingnya kekuatan teori dan praktik sebagai bentuk sinkronisasi mata kuliah dengan kerja kerja profesi. ”Termasuk penguatan hasian riset melalui tulisan jurnal harus didukung semua staek holder civitas akademik,” paparnya.

Acara dialog diakhiri dengan penyerahan cinderamata antar kedua belah pihak. “Poin inti dari pertemuan adalah memantapkan kerjasama dalam bidang ekonomi syariah melalui FEBI dan riset bersama dengan penguatan penulisan Jurnal terakreditasi. Kerjasama IKOPIN-UIN Bandung sesungguhnya sudah lama dilakukan. Namun pembaruan dan penguatan terus dilakukan untuk kemajuan kampus,” pungkasnya.