UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

HTN Berikan Reward kepada Dosen & Mahasiswa Prestasi

Dr Beni Ahmad Syaebani Didaulat sebagai Dosen Inspirator

[www.uinsgd.ac.id] Program tudi (prodi) yang bermutu itu mensyaratkan empat capaian kualitas : (1) Kelembagaan terakreditasi A (BAN PT), (2) Mahasiswa dan dosennya berkualitas, (3) Riset yang dilakukan dosen dan mahasiswanya berkualitas, dan (4) Didukung dengan sistem pelayanannya yang  berkualitas juga.

Demikian ditegaskan Dekan Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN SGD Bandung Dr Ah Fathoni,M.Ag usai Mimbar “Agreement Quality” yang digelar Jurusan Hukum Tatanegara (HTN) FSH 2016 (Selasa (02/02/2016). Bahkan Dekan akan menggelar acara serupa pada level fakultas, untuk mengedepankan reward daripada funishment.

“Apa yang dialkukan Prodi HTN, itu luar biasa. Itulah inovasi, sebagai uapaya pembuktian bahwa prodi itu memang layak mendapat nilai akreditasi A dari BAN-PT. Pimpinan fakultas akan terus mendorong sekuat tenaga dalam rangka percepatan pencapaian visi misi FSH sebagai fakultas terdepan di level nasional,” kata Dr Fathoni.

Ditanya, bentuk penghargaan seperti yang akan diberikan kepada jurusan yang mampu mengukir prestasi? Dekan menjawab, banyak ragam penghargaan yang bisa diberikan, baik berupa dukungan moril maupun dukungan materil. “Insya-Allah akan saya usulkan kepada pihak rektorat terkait dengan pengharagaan bentuk materilnya,” kata Dekan.

Ketua Jurusan HTN FSH Chaerul Shaleh sendiri memberikan Agreement Quality kepada Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Dr Ah Fathoni, M.Ag karena mampu memerankan Fakultas Syariah dan Hukum sebagai lembaga untuk pengembangan keilmuan syariah, hukum dan ekonomi syariah, guna menyiapkan sumber daya manusia dan lulusan yang unggul dn kompetitif, profesional dan berdaya saing; serta memiliki kepribadian yang mulia dan berjiwa kepemimpinan yang  demokratis.

“Yang kita tahu, beliau punya obsesi bahwa dalam kurun waktu empat tahun ke depan, FSH harus menjadi fakultas terdepan di level nasional. Karenanya, kami senantiasa mendukung langkah-langkah pimpinan dengan cara terus meningkatkan daya nalar mahasiswa yang berorientasi pada produk karya ilmiah ,” kata Chaerul didampingi sekretaris Ridwan Eko Prasetio, SH.I, M.Ag.

Pada kesempatan yang sama  Agreement Quality diberikan kepada dosen terbaik HTN TA 2015/2016 yakni Dr Widyawati, M.Ag. Kualifikasi terbaik ini didasarkan pada hasil angket penilaian mahasiswa pada empat indikator: kemapapuan pedagogic, profesionalisasi, kepribadian, dan social.

“Kita juga memberikan Agreement Quality kepada dosen inspiratif  for produse akademik kepada Dr Beni Ahmad Syaebani, M.Ag, juga bentuk penghargaan sebagai dosen produktif dalam menerbitkan karya ilmiah/buku,” jelasnya. Dr Beni juga didaulat sebagai narasumber studium generale yang memberikan motivasi kepada semua audien yang hadir. Dilanjutkan dengan pemberian sumbangan sejumlah buku kepada pustaka Jurusan HTN.

HTN Juga tidak melupakan jasa-jasa pimpinan HTN sebelumnya, Dr Ending Shalehudin, M.Ag (mantan Kajur HTN) dan Enceng Arif Faizal, M.Ag (mantan Sekjur HTN). Keduanya sudah berjasa menghantarkan HTN dalam memperoleh nilai akreditasi A dari BAN PT baru-baru ini.

Ada delapan mahasiswa HTN berprestasi yang tidak luput menadapatkan Agreement Quality. Mereka adalah  Dinda Nadifah Rahmah (2015) dengan IP 3,79; Desi Rojaul Insan (2014) IP 3,91; Dian Irmayanti (2013) IP 3,89; Maulana Fajar (2013) IP 3.89; Silvi Kholifah (2013) IP 3,89; Yusril Insiriyah (2013) IP 3,89; B Ratna Wulan (2012) IP 3.57; dan Mumun Munawaroh (2012) IP 3.57.[Nanang Sungkawa]