UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

HIMMAH PBA Raih 6 Penghargaan pada HAMASAH 2017

[www.uinsgd.ac.id] Kontingen UIN SGD Bandung meraih 6 penghargaan pada acara Harakat Musabaqah Al-Lughah Al-A’robiyah (HAMASAH) 2017 bertajuk “Eksistensi Bahasa Arab dalam Lintas Perbedaan Peradaban” yang diselenggarakan oleh Dewan Mahasiswa Fakultas Dirasat Islamiyah (DEMA FDI) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dari tanggal 16-18 Oktober 2017.

Keenam penghargaan itu, juara I kategori Debat Bahasa Arab atas nama M. Miftah Farid Kholilulloh, Muslim Cahaya Indra dan Vera Fibryani Putri, juara I kategori lomba Essay Bahasa Arab atas nama Ujang Hudaya, juara II kategori lomba Essay Bahasa Arab atas nama Lenni Selvi Maryani, juara II kategori Baca Berita Bahasa Arab atas nama Nova Mardina, juara III kategori Pidato Bahasa Arab atas nama Ahmad Busyairi dan The Best Speaker Debat Bahasa Arab atas nama M. Miftah Farid Kholilulloh.  

Keberhasilan delegasi HIMMAH (Hai’atu Muhibbii Al Lughah Al Arabiyyah) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN SGD Bandung pada acara HAMASAH dibenarkan oleh Ketua Prodi PBA, Drs. Aep Saepurrohman, M.Ag. “Alhamdulillah berkat doa dan dukungan dari semua pihak, utusan UIN SGD Bandung mendapakan 6 mendali dengan rincian juara 1 sebanyak 2 kategori pada lomba Debat Bahasa Arab atas nama M. Miftah Farid Kholilulloh, Muslim Cahaya Indra, Vera Fibryani Putri dan lomba Essay atas nama Ujang Hudaya; juara 2 sebanyak 2 kategori pada lomba Essay atas nama Lenni Selvi Maryani dan Baca Berita atas nama Nova Mardina; juara 3 sebanyak 1 kategori pada lomba Pidato atas nama Ahmad Busyairi dan The Best Speaker Debat Bahasa Arab atas nama M. Miftah Farid Kholilulloh,” jelasnya di gedung O. Djauharuddin AR, yang didampingi oleh Kasubbag Humas, H. Drs. Rohman Setiaman, Jumat (20/10).

Ketua Prodi PBA menjelaskan untuk mencapai kesuksesan itu memang tidak mudah, “Berkat adanya Pesantren Bahasa dan HIMMAH HMJ PBA yang memberikan ruang terbuka bagi mahasiswa untuk terus belajar, mencari ilmu, wawasan, pengalaman dan mengasah kemampuan dalam bidang debat, mengarang, baca berita, pidato, puisi, nyanyi, alhamdulillah delegasi dari kita mendapatkan  juara di berbagai acara baik di tingkat lokal sampai nasional,” tegasnya.

Upaya mengembangkan bakat di kalangan mahasiswa ini, “Maka dibutlah rekrutmen tersendiri di HIMMAH sebagai ajang kaderisasi untuk mempersiapkan dan mengambangkan segala potensi mahasiswa di bidang debat, mengarang, baca berita, pidato, puisi, nyanyi yang semuanya menggunakan Bahasa Arab,” paparnya. 

Bagi M. Miftah Farid Kholilulloh, pemenang The Best Speaker Debat Bahasa Arab menuliskan di jejaring media sosialnya “Sejarah telah membuktikan bahwa hampir semua pemenang yang patut dikenang biasanya menghadapi rintangan sebelum mereka berjaya. Mereka menang karena mereka menolak untuk menyerah pada kekalahannya. Selamat rekan2 Pejuang yang tak Pernah mengenal kata menyerah.” [Humas Al-Jamiah]