UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Hari Pertama Pendaftaran Jalur Mandiri Sebanyak 803 Orang

[www.uinsgd.ac.id] Hari pertama dibuka pendaftaran mahasiswa baru UIN SGD Bandung tahun akademik 2013/2014  jalur Mandiri sudah mencapai 803 orang dan 522 orang yang berhasil mengembalikan formulir pendaftaran lengkap dengan persyaratannya. “Hingga sore hari pertama jumlah pendaftar mahasiswa baru jalur mandiri itu sebanyak 803 orang dan yang telah mengembalikan formulir lengkap dengan persyaratanya 522 orang,” ungkap Drs. H. Mumuh. Muksin, M.M.Pd., Kepala Bagian Akademik saat dihubungi Pusinfokom di ruang kerjanya, gedung Al-Jamiah lantai III, selasa (4/6) sore.

Pendaftaran jalur mandiri ini dimulai dari tanggal 4 Juni sampai 27 Juni 2013. “Jika kita melihat angka pendaftar yang mencapai 803 ini menunjukan peningkatan bila dibandingkan dengan dihari yang sama atau hari pertama pada tahun akademik 2012/2013 hanya berjumlah 596 orang, maka untuk tahun 2013/2014 berjumlah 803 orang,” jelasnya.

Keberhasilan yang dilihat dari jumlah pendaftar ini tidak lepas dari peran media cetak, onilne yang mempublikasikan UIN SGD Bandung ke masyarakat luas. “Peningkatan ini menunjukkan animo masyarakat untuk belajar dan kuliah di UIN SGD Bandung semakin tinggi setiap tahunnya. Juga masyarakat masih memberikan kepercayaan terhadap kampus untuk mendidik putra-putrinya di UIN yang tidak hanya belajar agama, tapi umum juga diajarkan,” jelasnya. 

Mengenai persyaratannya, Kabag menjelaskan setiap peserta harus melampirkan: Pertama, Berijazah Madrasah Aliyah, Madrasah Aliyah Keagamaan, Sekolah Menengah Umum dan Kejuruan Negeri atau Swasta. Kedua, Mengisi dan menyerahkan formulir yang dilampiri (masing-masing rangkap dua): a. Fotocopy Ijazah/STTB yang dilegalisir oleh yang berwenang dan menunjukan aslinya: b. Pas photo ukuran 3×4 hitam putih sebanyak 2 lembar. Ketiga, Khusus bagi calon peserta lulusan Paket C, harus menyerahkan fotocopy Raport tiga tahun terakhir. Keempat, Lulusan tahun 2013 sekurang-kurangnya telah memiliki surat keterangan Lulusan dari Kepala Sekolah/Madrasah yang dilengkapi pas foto terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap Sekolah/Madrasah. Kelima, Membayar uang pendaftaran Rp. 250. 000,- (dua ratus lima puluh ribu rupiah). Keenam, Seluruh persyaratan termasuk biaya pendaftaran tidak dapat ditarik kembali. Keenam, Bagi Calon Mahasiswa yang telah hafal Al-Quran minimal 3 juz ujian dilakukan sendiri. 

Kabag Akademik mengingatkan kepada seluruh calon mahasiswa baru, “Pada saat mendafatar seluruh persyaratan termasuk biaya pendaftaran Rp.  Rp. 250. 000,- (dua ratus lima puluh ribu rupiah) tidak dapat ditarik kembali. Juga dalam pengisian Biodata Registrasi Mahasiswa Tahun Akademik 2013/2014 ini dicantumkan segala persyaratan registrasi yang sudah diserahkan termasuk SPP, Praktikum dan lain sebagainya tidak dapat diambil kembali,” pungkasnya.  [Ibn Ghifarie]