UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Hadiah Rp 12 Juta untuk Hafid 30 Juz

[www.uinsgd.ac.id] UIN Sunan Gunung Djati Bandung akan memberikan reward kepada mahasiswa yang hafal (hafidz) Al Qur’an: Rp12 Juta bagi  hafiz 30 juz, Rp10 juta bagi hafiz  15 juz, dan Rp 6 juta bagi hafiz 10 juz.  

Dekan Fakultas Syari`ah dan Hukum (FSH) UIN SGD Bandung, Dr Ah Fathonih, M.Ag menegaskan hal itu saat membuka acara pembekalan Praktikum Tilawah dan Praktikum  Tahfidz Al Qur’an mahasiswa FSH di Gedung Anwar Musaddad, Selasa (04/10/2016).  

“Ayo berlomba menjadi hafiz Qur’an! Dan, Anda tidak akan pernah menjadi sarjana tanpa ikut praktik Tilawah dan Tahfiz Quran. Ini rangkaian dari sembilan praktikum di FSH yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa, karena akan menjadi syarat untuk megikuti sidang komprehensif dan munaqasah,” jelas Dekan.

Selain memiliki kemampuan yang baik baca Qur’an, praktik ini dapat mendorong mereka untuk mengimplementasikan nilai-nilai Qur’an dalam aktivitas perkuliahan terlebih dalam kehidupan sehari-hari.  “Mudah-mudahan setelah tilawah, ditingkatkan pada tadarus, lalu ta’lim al Qur’an,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Dekan I FSH Dr A Hasan Ridwan, M.Ag menjelaskan bahwa praktik Tilawah ini dimaksudkan untuk membangun sistem yang mengintegrasikan kegiatan kuliah dengan kegiatan pendukung dalam bentuk praktik. “Manfaat membaca Al Qur’an itu akan dijamin kehidupan di dunia, mendapat syafaat di akhirat, dan kuat ingatan,” ungkapnya.

Menurut Ketua Laboratorium FSH, Dr Iwan Setiawan S.Ag, M.Pd, M.Esy, praktikum Tilawah diikuti oleh 850 mahasiswa semester I, dibimbing oleh 42 dosen. Sedangkan praktik Tahfiz Quran diikuti 950 mahasiswa semester III, dibimbing oleh 50 dosen. “Sebelumnya mereka diberi pembekalan oleh dua narasumber, Dr H Didi Mashudi, M.Ag dan Drs. H. Asep Mustopa Kamal, M.Ag,” jelas Iwan.(Khairul Umam/IH, Novianti SR/HPI)