UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Gebyar UPTQ 2012

[www.uinsgd.ac.id] Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Unit Pengembangan Tilawatil Quran (UPTQ) KBM UIN SGD Bandung kembali menggelar Gebyar UPTQ 2012, dengan mengusung tema “Sinergitas Etika dan Estetika dengan Menggali Potensi Diri Menuju Generasi Qurany”.

Acara tahunan UKM UPTQ tersebut akan berlangsung dari tanggal 16 hingga 18 Mei, di kawasan UIN SGD Bandung. UKM bimbingan Drs. Aang Ridwan M. Ag ini akan menyuguhkan dua acara besar yakni perlomban dan tabligh akbar.

Acara yang dibuka oleh Pembantu Rektor 3, Prof. Dr. Muhammad Ali Ramdhani, S.TP., M.T. ini  menyuguhkan pelbagai lomba bernuansa islami, diantaranya Lomba Nasyid se-Jawa Barat, Hifzil Quran, Kalighrafi, Pildacil dan Qasidah.

Bicara soal segmentasi lomba, Indra Nugraha sebagai ketua pelaksana Gebyar UPTQ menjelaskan, setiap lomba berbeda segmen. “Untuk Lomba Nasyid Se-Jawa Barat itu tingkatannya umum. Untuk Hifzil Quran, Kaligrafi dan Pidacil tingkatannya SD atau MDA seJawa Barat. Sedangkan Qasidah untuk SD/MDA dan Mts/SMP,” tutur Indra.

Indra yang diamanahi sebagai Bendahara Departemen Tafsir dan Tahmil Quran di struktural UPTQ ini berharap tema yang diusung panitia kali ini mampu menambah semangat agar giat belajar Quran. “Sinergitas itu sendiri adalah pencapaian untuk kedepannya, supaya anak UPTQ itu lebih giat lagi untuk belajar Quran. Semoga lebih baik lagi dari tahun sekarang,” ujar mahasiswa semester 6, Tafsir Hadits ini dengan senyum terkembang.

Selain menghadirkan penasyid kawakan dari Hawari dan Tashiru, pada penutupan hari Jum’at (18/05) UPTQ juga akan menghadirkan DR. K.H. Abdul Hamid. M. Ag untuk mengisi tabligh akbar. Dengan media partner Pikiran Rakyat, Ardan Radio, Mizan, Sosro, Toko Buku  Iqra, Armico, Pustaka Rahmat, Alon Foto dan Wardah Cosmetics, Tabligh Akbar ini akan diselenggarakan setelah pengumuman pemenang lomba-lomba sebagai penutup Gebyar UPTQ 2012.***

Sumber: Suakaonline