UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Gebyar PBA 2013: Budayakan Bahasa Arab

[www.uinsgd.ac.id] Upaya memperkenalkan bahasa Arab ke masyarakat luas sekeligus bangga terhadap budaya Arab karena merupakan khazanah keislaman, maka  Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN SGD Bandung di Auditorium Utama, Selasa (30/4)

Menurut Ketua Umum Hima PBA, Ahmad Zaini Dahlan kegiatan ini dalam rangka Gebyar PBA 2013 dengan dari tanggal 29 April-1 Mei 2013 ini menggelar perlombaan Marawis se-Jawa Barat, Pidato Bahasa Arab dan Musikalisasi Puisi. “Semuanya menggunakan Bahasa Arab karena kita ingin memperkenalkan Bahasa Arab kemasyarakat luas. Mengingat Bahasa Arab merupakan Bahasa Islam dalam memahami Bahasa Al-Quran. Jika kita tidak bisa Bahasa Arab, maka keislaman kita akan kering,” jelasnya.

“Selain itu, rangkaian kegiatan ini adalah salah satu bentuk eksistensi nyata dari keberadaan PBA di lingkungan UIN SGD Bandung. Dengan harapan kita bisa membudayakan Bahasa Arab sebagai kampus Islam. Jika tidak dibudayakan oleh kita, siapa lagi. Apalagi Bahasa Arab termasuk ke dalam Bahasa Al-Quran,” tambahnya.    

Untuk perlombaan Puisi; Juara I atas nama Novi Yanasari dan Annisa Tsamratul Faudah dari MAN Cipasung Tasikmalaya. Juara II atas nama Nur Afifah Jannah dari MA YAPIKA Garut. Perlombaan Pidato Bahasa Arab; Juara I atas nama Didid Manasrul Hadi dari MAN Awipari Tasikmalaya. Juara II atas nama Ari Anugrah dari MAN Sukamanah Tasikmalaya. Juara III atas nama Encep M Sidik dari MA Syifau. Perlombaan Marawis: Juara 1 grup Nurul Falah dari Karawang. Juara II grup Bustanul Wildan dari Kabupaten Bandung.   

Acara perlombaan ini diikuti oleh peserta lomba yang berasal dari Garut, Tasikmalaya, Karawang, Bekasi, Sukabumi, Bogor. [Ibn Ghifarie]