UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

FU Gelar Pengabdian Masyarakat di Cipatujah

[www.uinsgd.ac.id] Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengadakan Pengabdian pada Masyarakat di Desa Cikawungading Kec. Cipatujah Kab. Tasikmalaya, Sabtu-Minggu, 19-20 November 2016. Dengan tema “Menjalin Silaturahmi dan Berbagi dengan Sesama” kegiatan pun berjalan lancar dan disambut antusias oleh warga setempat.

Acara pembukaan dilangsungkan di Aula Madrasah desa Cikawungading, dihadiri oleh Kepala Desa Cikawungading, Kepala Kecamatan  Cipatujah, MUI Cipatujah, dan tokoh masyarakat serta warga setempat. Sementara dari Fakultas Ushuluddin, diwakili oleh Wakil Dekan I, H. Mulyana, Lc., M.Ag, dan Ketua Jurusan serta Sekretaris Jurusan yang ada di Fakultas Ushuluddin.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Cikawungading memaparkan kondisi warganya selama ini. Di Desa Cikawungading sendiri terdiri dari 22 DKM, 3 Agama ( Islam, Kristen dan Advent) dan 3 Pesantren. Kondisi itu tentunya tidak mengganggu aktivitas sosial masyarakat untuk tetap berbaur meski terdapat perbedaan aqidah. “Alhamdulillah, toleransi antar masyarakat sudah tumbuh dengan baik. Masyarakat sudah bisa membedakan masalah aqidah, sosial dan pentingnya menjaga persatuan NKRI”, tegasnya.

Sementara itu, H. Mulyana berharap kegiatan pengabdian masyarakat ini bisa memberikan manfaat untuk warga setempat. “Semoga silaturahmi ini membawa berkah untuk kita semua,” tegasnya.

Selanjutnya, kegiatan pun dilanjutkan dengan materi ceramah agama oleh Dr. H. Mujiyo, M.Ag dan diskusi oleh Kajur Filsafat Agama, Tasawuf Psikoterapi, Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Ilmu Hadis, dan Studi Agama-agama. [Agus]