UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

FU Gelar Pelatihan Metodologi Pembelajaran Bagi Dosen Muda

[www.uinsgd.ac.id] Fakultas Ushuluddin (FU)  UIN Sunan Gunung Djati Bandung menggelar acara “ Pelatihan Metodologi Pembelajaran di Perguruan Tinggi” bagi Dosen Muda ( Golongan III/D ) Fakultas Ushuluddin. Sebanyak 35 Dosen mengikuti pelatihan tersebut yang bertempat di Hotel Sabda Alam, Cipanas Garut, Kamis-Sabtu (16-18/10). Hadir sebagai narasumber ahli dalam bidang pembelajaran, Drs. Rifki Rosyad, MA., Dra. Hj. Yeni Huriani, M. Hum., dan Dr. Abdul Syukur, MA.

Dekan Fakultas Ushuluddin Prof. Dr. H. Rosihon Anwar, M.Ag., dalam sambutannya menjelaskan tujuan diadakannya kegiatan tersebut sebagai upaya meningkatkan kualitas dosen baik dalam cara mengajar maupun dalam aspek lain, seperti datang tepat waktu, rajin masuk kelas dan lainnya. “ Ini suatu bentuk upaya dalam meningkatkan kualitas dosen terkait cara mengajar, datang tepat waktu, rajin masuk kelas dan lainnya, “ tegasnya saat membuka acara pelatihan.

Dekan pun berharap kedepannya para dosen bisa lebih memprioritaskan kewajiban mengajarnya dibanding aktivitas-aktivitas lain di luar kampus yang mengganggu perkuliahan, sehingga nantinya tidak ada lagi dosen yang kedapatan bolos mengajar. “ Saya berharap setelah acara ini, Ibu/ Bapak dosen bisa lebih memprioritaskan kewajiban mengajar yang telah diamanatkan,” tegasnya.

Sementara itu, ketiga pemateri selama tiga hari ini telah banyak membekali peserta pelatihan dengan berbagai metode pembelajaran yang dibutuhkan. Para peserta diharapkan mampu melihat dan memahami karakteristik mahasiswa yang beragam, sehingga saat proses mengajar, dosen bisa menggunakan metode yang tepat agar mahasiswa mampu menyerap dan memahami materi yang disampaikan.

Para peserta pun diberi kesempatan untuk praktik micro teaching berdurasi 7-10 menit perorang yang setelah itu dilakukan evaluasi untuk mengetahui apa saja yang harus diperhatikan saat mengajar. Salah satu Narasumber, Rifki Rosyad misalnya mengungkapkan micro teaching ini sangat penting untuk mengetahui sejauh mana cara dosen mengajar. “ Dengan micro teaching ini, kita bisa tahu bagaimana cara dosen mengajar sehari-hari,” tegasnya.

Wakil Dekan I, H. Mulyana, Lc., M.Ag., mengatakan kegiatan ini sudah lama direncanakan, namun baru bisa dilaksanakan saat ini. Harapannya ke depan kegiatan ini tidak berhenti sampai disini, namun harus ada tindak lanjut ke depannya. “ Sudah lama direncanakan, namun baru kali ini bisa dilaksanakan. Mudah-mudahan kegiatan ini juga terus berlanjut tidak cukup sampai disini saja. “ ungkapnya saat mewakili Dekan menutup acara pelatihan.  [Agus]