UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

FTK Launching Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008

[www.uinsgd.ac.id] Fakultas Tarbiyah dan Keguruan merupakan salah satu fakultas yang berada di bawah Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung pada hari Rabu, 01 Mei 2013 mengadakan launching dan penandatanganan kontrak oleh segenap civitas akademika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan tentang penerapan sistem menajemen mutu ISO 9001: 2008.

Dalam launching yang diresmikan oleh Rektor UIN Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung, diwakili oleh Pembantu Rektor I, Prof. Dr. H. Afifuddin, M.M. mengatakan bahwa sangat mengapresiasi sebesar-besarnya dalam penerapan sistem manajemen mutu ISO ini di lingkungan UIN SGD Bandung, baru dilakasanakan oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan menjadi pelopor pertama dan utama dalam penerapan sistem manajemen mutu ISO ini dan mudah-mudah dapat ditularkan kepada fakultas-fakultas lain yang ada di lingkungan UIN SGD Bandung ini.

Sebagaimana sambutan dari Pembantu Dekan I, Prof. Dr. Supiana, M.Ag., penerapan ISO ini merupakan pengembangan yang dasar-dasarnya sudah diterapkan oleh dekan sebelumnya dan merupakan penjelmaan dari visi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, yakni Pengembangan dan Penguatan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati sebagai Fakultas Tarbiyah dan Keguruan unggulan tingkat nasional menuju tersertifikasi ISO 9000: 2008 di tahun 2020. Dalam prosesnya, launching dalam penerapan sistem manajemen mutu ini adalah sudah masuk pada langkah yang ke enam, dari berbagai langkah-langkah yang harus diselesaikan, mulai dari konsultasi dengan pihak konsultan ISO, pembuat komitmen dari segenap civitas akademika fakultas, studi banding, menyusun dan mensosialisasikan SOP, launching, penerapan, dan audit internal, serta audit eksternal oleh tim audit dari ISO.

Lebih lanjut Pembantu Dekan I, menyatakan bahwa ada berbagai manfaat yang dapat kita ambil dari penerapan sistem manajemen mutu ISO ini, antara lain: 1) meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan sebagai jaminan kualitas; 2) meningkatkan image positif pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dan daya saing di masyarakat; 3) meminimalisir dan bahkan meniadakan komplen dari pihak luar sebagai konsumen pelayanan; 4) konsistensi mutu dapat terjaga dan terdeteksi sejak awal, dan yang terakhir 5) menjamin agar pelayanan prima dapat dipelihara dan diterapkan secara konsisten.

Walapun dalam misi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan pemberlakuan sistem manajemen mutu ISO 9001: 2008 tesebut harus sudah diterapkan pada tahun 2020. Dan dalam Renstra fakultas penerap sistem menajemen mutu dapat direalisasikan pada tahun 2014, tetapi dalam perjalanannya, menurut Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si., disebabkan oleh adanya motivasi dan keinginan yang kuat dan besar dari segenap civitas akademika fakultas serta bimbingan yang intensif dari Konsultas ISO, maka mulai tahun 2013 ini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dapat menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001: 2008.

Pada tempat terpisah, saat memberikan sambutan pada acara Tarbiyyah Fair, Senin (02/05/2013) Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si berharap agar sertifikat ISO 9001:2008 tersebut dapat diterima tahun ini.***[hmzh-ftkuinsgd.ac.id/Dudi-uinsgd.ac.id] sumber