UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

FTK Gelar Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa

[www.uinsgd.ac.id] Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN SGD Bandung, menggelar acara pelatihan mahasiswa selama 1 minggu. Pelatihan ini telah di buka oleh Dekan FTK, Prof. Dr. H. Mahmud, M.Ag pada tanggal 18 November 2013 di Aula FTK lantai IV.

Untuk hari pertama, Senin (18/11) diadakan Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa. Luar biasa banyak nya mahasiswa yang memiliki antusias tentang kepemimpinan. Semua manusia adalah pemimpin, minimal untuk memimpin diri sendiri. “Kepemimpinan spiritual adalah sifat kepemimpinan yang ideal”. Jiwa seorang pemimpin haruslah memiliki landasan keagamaan yang kuat. Itulah salah satu hal yang perlu ditanamkan oleh mahasiswa untuk melatih jiwa kepemimpinannya.

Pelatihan hari kedua, Selasa (19/11) diadakan Pelatihan Kewirausahaan mahasiswa yaang di buka oleh Wakil Dekan III, Drs. Hasan Basri, M.Ag. Peserta pelatihan tidak hanya di hadiri oleh mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan saja, karena ternyata terdapat mahasiswa dari fakultas lain yang juga menghadiri pelatihan tersebut. “Dari hal tersebut, terlihat jelas minat mahasiswa dalam bidang kewirausahaan.  Pelatihan Kewirausahaan ini merupakan pemberian stimulus kepada mahasiswa untuk mengenal seperti apa itu wirausaha. Agar mahasiswa Fakultas Tarbiyah setidaknya memiliki pengetahuan tentang hal tersebut. Mahasiswa harus bisa berwirausaha,” sarannya.

Pemateri pertama, Asep Nursobah mengatakan, “Kerwirausahaan berasal dari ide, dan kerjasama. Semua orang pasti memiliki ide namun tidak semua orang memiliki pemikiran yang sama tentang menjalankan ide tersebut, dan dalam melaksanakannya wirausaha memerlukan relasi dengan pihak lain yang satu sama lain dapat saling menguntungkan.”

“Seorang pemikir visioner adalah yang akan mencipatakn keunggulan. Dan kewirausahaan tidak selalu berkaitan dengan provit,” jelasnya.

Setelah mengikuti pelatihan ini, “diharapkan para peserta mampu mengembangkan karakter kepemimpinan di dalam diri mereka, selain itu mahasiswa juga harus memiliki kemampuan berwirausaha yang baik.”

Untuk besok akan digelar Pelatihan Karya Tulis Ilmiah. [Afiaty_PersSMFTK]