UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

FST UIN SGD Dorong Percepatan Jabatan Akademik Dosen

Untuk menjawab era revolusi Industri 4.0 dan mewujudkan visi misi fakultas dan universitas menuju World Class university, Fakultas Sains dan Teknologi (FST) terus melakukan langkah  antisipatif dan strategis salah satunya berupaya meningkatkan dan pengembangan kapasitas dosen melaui  Workshop bertema” Kebijakan Kemenristekdikti Terkait Jabatan Akademik Dosen” yang di gelar di Hotel Puri Khatulistiwa, Jatinangor,Kabupaten Sumedang, Senin,(21/10).

Narasumber menghadirkan Prof.Dr.Ir. Yanuarsyah Haroen (Tim penilai PAK Kemenristekdikti) dan Sharing Session Prof.Dr.Ir  M.Soebandi, MP. Kegiatan yang dibuka langsung Dekan Fakultas  Sains dan Teknologi, UIN SGD Bandung, Dr. Hasniah Aliyah, dihadiri para wakil dekan, ketua/ sekretaris Program studi, Ketua Laboratorium,Kabag TU/kasubag dan dosen.

Dalam sambutannya, Dekan mengatakan Kenaikan jabatan akademik dosen merupakan bentuk penghargaan pemerintah kepada dosen yang telah mencapai prestasi kerja sesuai amanat undang undang  “ kami mengapresiasi kegiatan workshop ini, karena sangat penting untuk laksanakan terkait bagaimana mengembangankan kapasitas dosen  Sains dan teknologi kedepan” Ujar Dekan.

Menurutnya, Kualitas perguruan tinggi sedikit banyak di tentukan dosennya, dengan ukuran seberapa banyak dosen mendapatkan gelar dan jabatan akademik.

Karena itu,  kedepan nya  akan melakukan berbagai upaya percepatan jabatan akademik, dengan cara setiap tulisan paper bisa dipublikasiakan di journal ilmiah internasional. Bukan hanya itu, fakultas secara berkala akan mengirim surat sekaligus mengingatkan  kepada para dosen agar segera mengurusnya. Fakultaspun akan  mengusulkan kepada PTIPD untuk mengembangkan sistem informasi terintegrasi  terkait tugas Tridharma PT. sehingga tidak alasan lagi dosen  tidak mengajukan pangkat.

‘’Semoga kegiatan ini bisa menambah  wawasan terkait kebijakan kenaikan jabatan akademik dosen serta mendapat gambaran dalam prosesnya sehingga guru besar bisa bertambah,  Kami berpesan kepada para dosen supaya jangan segan untuk mngurus kenaikan pangkat akademik karena disitu ada hak anak istri juga” pinta nya.

Kesempatan yang sama Dekan  mengucapkan terima kasih dan penghargaannya  kepada Dekan Dr.Opik Taupikurrahman dan jajarannya, periode 2015 -2019 yang telah memberikan sumbangsihnya atas kemajuan lembaga. Begitu juga ucapan terima kasih dan penghargaannya kepada dua orang purnabakti Ir.Kundang Harisman, M.Si dan Dra.Yuningsih ,M.Pd atas semua dedikasinya untuk kemajuan  kepada institusi, serta kepada ketua penitia pelaksana  Eki Ahmad Zaki Hamidi,MT. yang telah sukses menyelenggarakan workshop ini.

Sementara, Ketua Pelaksana workshop, Eki Ahmad Zaki Hamidi, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan peningkatan kapasitas dosen terkait jabatan akademik dosen” Saya berharap kedepan guru besar bisa bertambah,” kata Eki.( HR)

 Sumber, Ekpos 22 Oktober 2019