UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

FST Terus Intensifkan Proses Sertifikasi ISO

[www.uinsgd.ac.id] Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Bandung, Dr. Opik Taupik Kurahman, terus memimpin dan memberi dorongan serta motivasi penuh kepada semua elemen fakultas untuk mensukseskan program sertifikasi ISO 9001:2008, salah satunya dengan mengintensifkan kegiatan-kegiatan workshop dan melibatkan stakeholder yang dihadiri Dekan, Para wadek, Ketua Program studi, Dosen, TU dan Staff. dengan mengundang konsultan ISO.

Dekan terus mengingatkan jajaranya tentang pentingnya membangun kinerja yang profesional, proporsional, dengan tetap menjaga  komuniklasi  dan koordinasi yang sinergis antar unit kerja supaya program program yang sudah di gariskan bisa berjalan dengan baik dan  visi misi fakultas bisa terwujud.

Kegiatan workshop yang ke 5 tersebut, sudah memasuki tahap pembahasan Standar Oprasional Prosedural (SOP) semua unit kerja fakultas mulai tingkat Dekanat, wakil Manajemen mutu, Tata Usaha (TU), Jurusan/Program Studi, Perpustakaan dan Laboratorium, serta unit lainnya.

Sampai saat ini memasuki Minggu ke-4 bulan September pembahasan tentang monitoring penggunaan rumus pencapaian target sasaran mutu fakultas sains dan teknologi semua fungsi penyusunan laporan bulanan serta analisis datanya, dan  monitoring hasil penyusunan bulanan pedoman mutu dan lampiran-lampirannya.

Wakil Dekan I Bidang Akademik, Dr.cecep Hidayat, MP., mengatakan semua pembahasan SOP–SOP akhir September sudah tuntas dan bulan Oktober ditergetkan semua proses sertifikasi dipastikan harus selesai. Sementara untuk pengajuan sertifikasi di tergetkan bulan Nopember, jika ada kekurangan, maka sambil berjalan dilakukan revisi-revisi  supaya lebih baik hasilnya.

Cecep berharap dengan mendapatkannya ISO 9001:2008 sistem manajemen mutu pendidikan fakultas lebih baik dan pelayanan prima di fakultas akan tercapai. ”Pelayanan kepada mahasiswa akan lebih baik, akurat, cepat dan mudah, begitu juga para dosen dituntut pro aktif  hadir dan mengajar di kelas, kalau tidak hadir, mereka mendapat sanksi akademis, ujar Cecep saat di konfirmasi diruang kerjannya.

Ditambahkan Cecep, dengan system ISO 9001:2008 semua yang belum tercover oleh BAN-PT, akan tercaver oleh ISO, sebab proses sertifikasi di ISO 901:2008 lebih rinci dan detail. [HR]