UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

FST-Masika ICMI Jabar, Banggalah Jadi Indonesia

[www.uinsgd.ac.id] Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Sunan Gunung Djati Bandung bekerjasama dengan Majelis Sinergi Kalam Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (Masika ICMI) Orwil Jabar dan Team #AkoeIndonesia menyelenggarakan Training Motivasi bertajuk “Akoe Indonesia, The Rise of Indonesia”, Rabu (26/10/16) bertempat di Aula Anwar Musaddad.

Dr. Opik Taufikkurahman, M.Ag., Dekan FST dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan beterimakasih kepada berbagai pihak yang terlibat untuk menggelar kegiatan tersebu. Dekan FST memberi pesan bagi mahasiswa peserta training bahwa penting bagi mahasiswa untuk mempunyai tokoh referensi sebagai role model yang bisa memberikan insprirasi untuk masa depan mahasiswa. “Dalam situasi yang sulitpun, dengan keterbatasan yang kita punya, mestinya hal tersebut bisa menjadi peluang untuk membangkitkan semangat perjuangan untuk meraih kesuksesan”, ujarnya.

Dekan FST berharap “dengan adanya kegiatan training motivasi tersebut dapat memberikan semangat kemandirian mahasiswa untuk membangun masa depan yang lebih baik, karena tanggungjawab keberlangsungan Indonesia ada dipundak para pemuda hari ini”, jelasnya. 

Senada dengan Dekan FST, Ketua ICMI Orwil Jabar, Prof. Dr. H. Moh. Najib, M.Ag., menegaskan pentingnya kesadaran nasionalisme dan patriotisme bagi generasi muda saat ini, terlebih dengan fenomena yang berkembang hari ini mengenai ancaman-ancaman kedaulatan NKRI baik dalam bidang ekonomi, politik dan sosial dari negera luar. Kekhawatiran tersebut muncul ketika banyak fakta yang mengejutkan mengenai adanya indikasi eksodus warga negara China ke berbagai daerah diwilayah Indonesia.

“Semoga dengan kegiatan training ini, melalui team #AkoeIndonesia, dapat membangkitkan nasionalisme, patriotisme dan kebanggaan menjadi warga negara Indonesia”, paparnya.

Menurut Ir. Arfi R., Perwakilan Masika ICMI Orwi Jabar, Indonesia akan mengalami bonus demografi dimana sebagian besar penduduknya adalah masyarakat dalam usia produktif. Hal ini menjadi potensi yang sangat besar bagi kemajuan negara kedepan.

“Seperti halnya dikota Bandung yang secara geografis tidak memiliki sumber kekayaan alam akan tetapi Bandung bertumpu pada potensi Sumber Daya Manusianya yang kreatif dan Inovatif. Sehingga Bandung menjadi salah satu kota gudangnya ekonomi kreatif, seniman dan budayawan yang sudah diakui ditingkat nasional”, pungkasnya.

Kegiatan training motivasi ini diisi oleh Pembicara dari Team #AkoeIndonesia, Suryo A. B, DEA, Ph.D., Founder #AkoeIndonesia yang juga Pakar Geopolitik Indonesia, dan Zuly Husni Tampo, Motivator Muda.

#AkoeIndonesia adalah sebuah program yang bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta pada Tanah Air dan memperkenalkan kembali budaya Indonesia serta mengajak anak-anak muda Indonesia untuk bersama-sama menjadi tuan rumah di negeri sendiri melalui berbagai kegiatan kreatif yang mampu memberi kontribusi pada peningkatan kesejahteraan Rakyat Indonesia. [Humas Al-Jami’ah]