UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

FSH Pecat Mahasiswa ber-IP Kurang dari 2,00

[www.uinsgd.ac.id] Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN SGD Bandung  tidak akan segan-segan memecat mahasiswanya manakala peraihan nilai indeks prestasi (IP) pada semester I dan II kurang dari 2,00.

Pernyataan tegas ini disampaikan Dekan FSH UIN SGD Bandung, Prof Dr H Oyo Sunaryo Mukhlas pada saat menerima dan mengesahkan 1.032 mahasiswa baru FSH Tahun Akademik 2014/2015 di Gedung Multipurpose UIN SGD Bandung, Jl AH Nasution No 105, Jumat (29/08/2014). “Karenanya unsur pimpinan FSH harus mengawal mahasiswa agar mereka sukses menyelesaikan studinya tidak lebih dari delapan semester,” kata Prof Oyo, yang didampingi para Wakil Dekan (Wadek), pimpian jurusan, dan unsur birokrasi lainnya.

Jumlah mahasiswa sebanyak 1.032 ini merupakan sesuatu yang baru bagi FSH, sehingga Dekan menetapkan tahun ini adalah “Tahun Fakultas Syariah dan Hukum”, dengan penerimaan mahasiswa baru paling banyak dibandingkan dengan fakultas-fakultas lainnya. “Ini suatu kepercayaan dari para orangtua, sehingga kita harus mengawal mereka hingga menjadi manusia unggul dan kompetitif dibingkai dengan akhlak yang mulia.  Visi Unggul dan Kompetitif ini bisa diukur dengan kedalaman akidah (keimanan), keluasan ilmu, kemuliakan akhlak, dan keunggulan amaliyah.

Pada kesempatan yang sama, Wadek III FSH Drs Ah Fathoni, M.Ag, sebagai Pembina Kemahasiswaan, mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru, dengan harapan FSH menjadi pilihan terbaik bagi mereka dalam mengenyam pendidikan S1. Empat tahun ke depan Wadek III ini akan banyak berhadapan dengan mereka terutama dalam mengawal empat poin Fakta Integritas, yang dibacakan oleh perwakilan mahasiswa baru dari masing-masing jurusan.

Keempat poin Fakta Integritas itu adalah: (1) Mahasiswa menyatakan siap dikeluarkan jika IP yang diraih pada semester I dan II kurang dari 2,00; (2) Senantiasa menjunjung tinggi nama baik dan wibawa FSH; (3) Mematuhi kode etik dan tata tertib mahasiswa; dan (4) Siap menerima sanksi jika melanggar ketentuan di atas.

Usai pembacaan Fakta Integritas dan menerima pengarahan dari Dekan, mahasiswa baru diperkenalkan kepada unsur pimpinan FSH antara lain: Wadek I Dr HA Hasan Ridwan, M.Ag; Wadek II H Zulkarnaen, SH, MH;  Wadek III Drs Ah Fathoni, M.Ag; Kabag TU Drs Wawan Hermawan, Kasubag Umum Saldiman, S.Ag, Kasubag Akademik dan Kemahasiswaan Edi Fuady, S.Ag; dan sekretaris Dekanat Drs Didi Sumardi, M.Ag.

Ketua Jurusan Peradilan Islam dan Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhsiyah) Usep Syaefullah, M.Ag dan sekretaris Burhanuddin, S.Ag, MH;  Ketua Jurusan Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah) Drs Ending Solehudin, M.Ag dan sekretaris Enceng Arif Faizal, M.Ag; Ketua Jurusan Hukum Pidana Islam (HPI) Drs H Syahrul Anwar, M.Ag dan sekretaris  Jaenudin, S.Ag, M.Ag;

Ketua Jurusan Ilmu Hukum (IH) Dr Dewi Sulastri, MH dan sekretaris H Uu Nurul Huda, S.Ag, SH, MH; Ketua Jurusan Manajemen Keuangan Syariah (MKS) Dr Dedah Jubaedah, M.Si dan sekretaris Dr Iwan Setiawan, S.Ag, M.Pd, M.E.Sy; Ketua Jurusan  Muamalah (Mua) Sarip Muslim, S.Ag, MA dan sekretaris M Hasanuddin S.Ag, M.Ag; Ketua Jurusan Perbandingan Mazhab & Hukum (PMH) Dudang Gozali, M.Ag dan H Dadang Husen Sobana, M.Ag.

Tak ketinggalan Ketua Laboratorium Sofyan Al Hakim, M.Ag; Ketua PPKID Drs Aliyudin, M.Ag dan sekretaris Ikhwan Aulia, SH, MH; Ketua PKSHK Dr Deni Kamaluddin Yusuf, M.Ag dan sekretaris Dr H Aden Rosadi, M.Ag; Ketua PKP Iman Hilman Fathurrahman, M.Ag, dan Ketua LBKH Wawan Muhwan Hariri, SH, MH. [Nank]