UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

FISIP UIN dan KPUD Bandung, Sosialisasikan Pilkada

[www.uinsgd.ac.id] Fakultas Sosial dan Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Bandung, bekerjasa sama dengan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Bandung, terus mensosialisakan Pelaksanaan Pemilihan Kepala daerah (Pilkada)  baik kota (pilwakot) maupun provinsi (pilgub), di ruang Rektor, Selasa (29/1).

Menurut Dekan Fakultas Sosial Politik UIN Bandung, DR. Sahya Anggara, M.Si., dengan acara tersebut, diharapkan masyarakat bisa proaktif dan berpartisipasi penuh terhadap pelaksanaan proses demokrasi dengan menggunakan haknya secara baik.

Sebab lanjut Sahya, pelaksanaaan pemilihan kepala daerah merupakan bagian dari kehidupan berbangsa dan bernegara yang harus di ikuti oleh semua rakyat Indonesia bagi mereka yang sudah memenuhi hak suara minimal usia 17 tahun. “Ada pendidikan politik yang harus di pahami oleh masyarakat luas dalam kontek proses demokrasi melalui suksesi pilkada,“ ujarnya.

Dikatakan Sahya, hasil penelitian menunjukan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya terhadap proses demokrasi masih rendah. Karena itu, pihaknya sebagai kalangan akademisi berusaha memberikan kesadaran, pemahaman, pencerahan sekaligus sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya secara cerdas.

”Angka golput semakin meningkat, maka, dengan sosialisasi ini diharapkan masyarakat sadar akan haknya dalam mensukseskan proses demokrasi,“ ucap Sahya.

Ditambahkannya, program sosialisasi pemilihan kepala daerah  ditargetkan kedepan bisa mewujudkan pemerintahan yang bersih (Good Governance). Sehingga bisa menjungjung tinggi nilai, kehendak, kemampuan serta kemandirian dalam pencapaian tujuan nasional yang berkeadilan social, maupun menciptakan pemerintah yang efesien dan efektif dalam tugas meraih tujuan tersebut.

Ketua KPUD Kota Bandung Heri Sapari, meminta masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya secara cerdas dan arif guna mensukseskan proses demokrasi baik pilwalkot, pilgub maupun pilpres.

“Bagi masyarakat yang sudah memenuhi syarat hak suara hindari sikap golput, gunakan hak berdasarkan nurani dalam menciptakan pemimpin yang baik dan benar, “ harap Heri dalam kegiatan yang dihadiri SMU se-Bandung timur, mahasiswa dan umum. [Hary, Ibn Ghifarie]