UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

FISIP Gelar Karnaval Budaya

[www.uinsgd.ac.id] Sorak sorai Karnaval Budaya yang diselenggarakan oleh Senat Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP), meramaikan pagi UIN SGD Bandung, Senin (12/10/2015). Karnaval tersebut merupakan pembukaan Gebyar FISIP. Karnaval dimulai dari Aula Multipurpose dan berakhir di Fakultas FISIP.

Menurut ketua pelaksana, Deni David, alasan di pilihnya tema kebudayaan untuk menunjukan jati diri bangsa. “Dipilihnya karnaval budaya ini untuk menunjukan jati diri bangsa, apalagi dalam bidang sosial dan budaya. Maka dari itu saya mengambil tema budaya Nusantara,” ujar Deni. Ia pun menugaskan kepada setiap angkatan untuk menggunakan pakaian adat saat berkarnaval yang sudah di tentukan saat technical meeting Sabtu kemarin.

Tapi pada faktanya, tidak semua peserta karnaval menggunakan pakaian adat. Hanya ada beberapa angkatan yang menggunakan pakaian khas Indonesia, sisanya hanya menggunakan pakaian seperti biasa. Deni juga mengakui  bahwa waktu yang ia berikan kepada peserta karnaval sangat minim untuk persiapan, tapi ia tetap mengapresiasi  keantusiasan para peserta karnaval. “Tidak apa – apa,  saya tetap apresiasi mereka yang sudah ikut acara karnaval tadi,” tambah mahasiswa jurusan Administrasi Negara semester 5 tersebut.

Menurut salah satu peserta Karnaval, Febrianis, Ia sangat antusias mengikuti acara karnaval budaya ini. “Mengasyikan, seneng ada acara sperti ini, jadi bisa mengexplore kita tentang kebudayaan,” ucap Mahasiswa yang mengenakan pakaian adat Maluku.

Gebyar FISIP akan berakhir pada 31 Oktober 2015. Acara tersebut menggelar perlombaan – perlombaan olahraga, kebudayaan dan seni. Diikuti oleh semua angkatan di FISIP. Perlombaan yang akan digelar diantaranya lomba futsal putra dan putri, lomba tari, lomba melukis dan lomba permainan tradisional. [Nizar Al-Fadilah, Isthiqonita/Suaka]