UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Fidkom Gelar Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa

[www.uinsgd.ac.id] Fakultas Dakwah dan Komunikasi (Fidkom) UIN Bandung menyelenggarakan Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Tingkat Menengah Tahap Satu, Minggu, 22 Desember 2013. Kegiatan pelatihan kepemimpinan dihadiri perwakilan dari setiap kelas dari mulai semester tiga sampai semester tujuh. Tak hanya itu, juga dihadiri utusan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari masing-masing jurusan, seperti dilansir Bandungoke

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Dr. H. Ujang Saefullah, M.Si membukanya secara resmi.   Ujang berharap, pelatihan kepemimpinan ini, dapat mencetak generasi pemimpin yang kreatif dan inovatif. Pelatihan ini sendiri bertajuk, “Mencetak Calon Pemimpin Masa Depan yang Kreatif, Inovatif, dan Visioner dengan Berlandaskan Iman dan Takwa.”

Pelatihan kepemimpinan diisi dengan sejumlah materi. Dr. Zaenal Mukarom, M.Si  memberikan materi Manajemen dan Leadership. Dilanjutkan materi kedua yang disampaikan Dr. Ahmad Sarbini, M.Ag  yang menyampaikan materi Model Kepemimpinan Rasulullah SAW. Dalam ulasannya, Sarbini berharap agar para pemimpin  dapat mengikuti jejak kepemimpinan Rasulullah SAW yang memiliki sifat di antaranya sidik, amanah, dan fatonah.

Materi ketiga disampaikan oleh Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi Dr. H. Enjang AS, M.Ag, M.Si. Materi yang disampaikan Scientific Problem Solving. “Ketika kita hidup sama dengan kita menemukan masalah, namun bukan berarti ketika kita mati sama dengan menyelesaikan masalah,” jelas Enjang ketika mengawali materinya .

Tak kalah menariknya adalah materi Keterampilan Berjejaring dalam Masyarakat Jaringan, yang disampaikan Subagio Budi Prajitno, S.Sos Budi memaparkan, setiap pemimpin harus harus mempunyai keterampilan untuk berjejaring. Di akhir materi yang disampaikan, Budi memberikan sebuah buku bagi peserta pelatihan yang bisa menjawab pertanyaannya.

Terakhir, Dr. H. Ujang Saefullah, M.Si menyampaikan materi Komunikasi dan Kepemimpinan. Ujang menegaskan, seorang pemimpin sudah seyogyanya mampu berkomunikasi dengan baik, dan dapat menjalin komunikasi yang efektif, baik dengan anggotanya maupun dengan yang lainnya.

Ditemui di akhir kegiatan (22/12), Ratu Tresna, peserta perwakilan dari KPI mengungkapkan, “Dilihat dari materi yang disampaikan, dan pemateri yang menyampaikannya sangat capable. Semoga saja ada hasil yang terasa dan bisa diaplikasikan para peserta.” [Nita Juniati]