UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

FDK Gelar Seminar Internasional “Islam-Media”

[www.uinsgd.ac.id] Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Bandung menyelenggarakan seminar dengan mengusung tema International Seminar On “The Image Of Islam On Media” dengan mengundang pembicara yang berasal dari University Of Erfrut Germany, Prof. Dr. Kai Hafez juga Sabrina Schmidt MA, serta pembicara asal UIN Bandung, Prof Dr Asep S Muhtadi MA. Acara tersebut diselenggarakan di aula FDK, pada Rabu (28/10).

Wakil Rektor I Bidang Akademik, Asep Muhyidin menyampaikan sambutannya perihal seminar tersebut, mewakili Rektor UIN Bandung yang berhalangan hadir. Ia menyampaikan harapannya bahwa audiens atau peserta seminar mampu mendapatkan makna terkait seminar. Ia juga mengatakan bahwa peserta membutuhkan informasi akurat mengenai Islam di media nasional dan internasional.

”Saya berharap adanya kebenaran akan Islamophobia yang beredar di media barat, yang menggiring bahwa Islam adalah ancaman,” tambah mantan Dekan FDK UIN Bandung itu, Rabu (28/10).

Selain itu, Kai hafez dan Sabrina menjelaskan beberapa sub materi tentang citra islam dalam kelompok usia, penilaian dalam toleransi umat beragama, toleransi keanekaragaman beragama, islamphobia, citra islam dan penilaian demokrasi.

Mereka berdua menyampaikan materi dalam bentuk persentasi dengan sistem dipersentasikan. Selain itu mereka juga menyampaikan citra islam dan pengaturan politik, citra islam dan lapisan masyarakat, citra islam dan kepercayaan orang-orang umum atas agama, citra islam dan melawan kegiatan, citra islam dan kontak unsur orang-orang lainnya, citra islam dan lingkungan hidup, serta citra islam dan tingkat pendidikan.

Selain Hafez dan Sabrina, Guru Besar Ilmu Komunikasi UIN Bandung Asep Saepul Muhtadi juga turut mengisi seminar tersebut. Ia menyampaikan perihal Islam dalam konstruksi media di Indonesia, seperti dalam serial religi, dan acara dakwah di televisi.

Seminar tersebut turut dihadiri oleh Guru Besar Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjadjaran (Unpad) Dedi Mulyana, Dekan FDK UIN Bandung, Ahmad Sarbini serta beberapa staf dan dosen di lingkungan UIN Bandung. Untuk peserta seminar sendiri, tidak hanya melibatkan dosen dan mahasiswa UIN Bandung, tetapi juga luar UIN Bandung. [Gina Oktaviani, Rizkia Sasi/Jurnal Pos]