UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Fakultas Ushuluddin Harus Jadi Garda Terdepan Suarakan Islam Moderat

Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung harus menjadi garda terdepan dalam pengembangan Islam moderat di Indonesia.

“Dengan karakter yang terbuka, menghargai perbedaan, menjunjung tinggi persamaan. Keberadaan Ushuluddin harus menjadi pengarusutama dalam menyuarakan gerakan Islam moderat, moderasi Islam atau Islam wasathiyah di Indonesia. Mengingat angka kekerasan cukup tinggi. Hasil temuan Setara Institute erdapat 109 peristiwa pelanggaran dengan 136 tindakan,” ungkap Dekan Fakultas Ushuluddin, Prof. Dr. Rosihon Anwar, M.Ag.

Pernyataan tersebut diungkapkannya dalam Rapat Kerja Fakultas Ushuluddin tahun 2019 bertajuk “Meningkatkan Komitmen dan Profesionalitas Menuju Ushuluddin yang Unggul dan Kompetitif” di Kamojang Green Hotel & Resort, Jalan Raya Kamojang No.KM.3, Samarang, Kabupaten Garut, Kamis (24/1/2018).

Raker diikuti 100 peserta yang dibuka oleh Wakil Rektor II, Prof. Dr. H. Oyo Sunaryo Mukhlas, M.Si didampingi Wakil Dekan I, Dr. H. Mulyana, Lc., M.Ag., Wakil Dekan II, Dr. Wawan Hernawan, M.Ag., Wakil Dekan III, Dr. H. Engkos Kosasih, M.Ag.

Menurut Rosikhon Anwar, Islam moderat adalah pemahaman dan prilaku keberagamaan yang melahirkan sikap toleransi dalam menghadapi keragaman. Tertutama menyangkut isu pluralisme agama, sehingga mewujudkan nilai-nilai damai dalam Islam.

“Sikap ini sangat diperlukan dalam konteks merawat kebineka-tunggalikaan Indonesia yang memiliki banyak keragaman. Moderasi Islam sesungguhnya ini seiring dengan nilai-nilai luhur budaya bangsa Indonesia,” jelasnya.

Untuk menyuarakan gerakan Islam moderat di Indonesia, kata Rosihon, diperlukan komitmen bersama dalam mengarusutamakan Islam moderat yang berusaha menghadirkan Islam yang sejuk, indah, menghargai segala perbedaan dan menjunjung tinggi persamaan.

“Sebagai bukti dari upaya menyebarluarkan gerakan Islam moderat ini, bisa diliahat dari beberapa karya dan hasil penelitian dosen,” ujarnya. (Nana Sukmana, Brilliant Awal)

Sumber, Galamedia News Kamis, 24 Januari 2019 | 11:23 WIB