UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Fakultas Psikologi Gelar Workshop Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Jurnal Terindeks

[www.uinsgd.ac.id] Sebanyak 16 dosen Fakultas Psikologi UIN SGD Bandung mengikuti Workshop Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Jurnal Terindeks bersama Dr. Fonny Dameaty Hutagalung (Department of Educational Psychology and Counselling, Faculty of Education University of Malaya) untuk menciptakan budaya akademik di bidang penelitian, publikasi yang digelar di Aula Fakultas Psikologi dari tanggal 21-22 Oktober 2017.

Acara workshop dibuka secara langsung oleh Dekan Fakultas Psikologi, Dr. Agus Abdul Rahman, S.Psi., M.Psi. dalam sambutanya menjelaskan terselenggaranya kegiatan ini merupakan tindak lanjut antara UIN SGD Bandung dengan University of Malaya. “Adanya penelitian bersama, publikasi bersama di jurnal terindeks menjadi bukti nyata dari bentuk kerjasama antara Fakultas Psikologi dengan UM yang tidak hanya berhenti pada kertas MoU saja. Sekarang bukan zamanya kompetisi, tapi kolaborasi. Kehadiran publikasi bersama-sama pada jurnal terindeks menjadi penting,” tegasnya.

Kehadiran Dr. Fonny diharapkan “dapat memberikan motivasi, semangat kepada dosen dan ikut andil dalam rangka menciptakan budaya akademik di lingkungan Fakultas dalam bidang publikasi karya ilmiah yang terindeks. Kita banyak melakukan penelitian, tapi hasilnya belum dipublikasikan pada jurnal yang terindeks,” paparnya. 

“Mudah-mudahan dengan terselenggaranya Workshop ini keberadaan Psympathic, Jurnal Ilmiah Psikologi yang meliputi bidang psikologi kognitif, psikologi perkembangan, psikologi pendidikan, psikologi sosial, pengukuran psikologi dan biopsikologi dapat terus ditingkatkan kulitasnya, terakreditasi dan terindeks,” optimisnya.    

Rencananya pada tahun 2018, “Fakultas Psikologi akan menyelenggarakan Konferensi Internasional Psikologi Islam bekerjasama dengan UM, sehingga hasil penelitian dosen dapat dipublikasikan dan memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan psikologi Islam,” terangnya.

Dr. Fonny sangat menyambut ikhtiar Fakultas Psikologi untuk terselengaganya Konferensi Internasional Psikologi Islam. “Untuk mewujudkan Konferensi itu, saya akan mengajak beberapa kolega untuk melakukan penelitian dan publikasi secara bersama-sama, sehingga dapat tampil dan ikut menyebarkan luaskan perkembangan psikologi Islam,” paparnya.

Diakuinya, keberhasilan dosen itu bukan terletak pada buku semata, tapi karya tulisnya harus dipublikasikan pada jurnal terindeks. “Alhamdulillah berkah, menulis di jurnal terindeks saya sering dipanggil untuk mengisi acara, pengelola jurnal, karena kesuksesan dosen itu tidak hanya dilihat dari buku cantiknya, melainkan publikasi jurnal,” jelasnya.  

Untuk meningkatkan kualitas jurnal, Dr. Fonny memberikan saran, “Publikasi jurnal secara bersama-sama antara dosen Fakultas Psikologi dengan UM harus terus ditingkatkan,” pesannya.   

Kepala Bagian Fakultas Psikologi, Asep Saepudin Malik, M.Ag menjelaskan “Kegiatan Workshop yang menghadirkan Dr. Fonny dari UM ini diselenggarakan dua hari dari tanggal 21 sampai 22 Oktober 2017 dalam rangka meningkatkan publikasi karya ilmiah pada jurnal terindeks di kalangan dosen, sehingga kultur akademik di lingkungan Fakultas Psikologi tercipta dalam wujud jurnal Psympathic yang terindeks,” pungkasnya. [Humas Al-Jamiah]