UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

FAH Gelar Pembinaan & Pelepasan Alumni Wisudawan Angkatan ke-66

[www.uinsgd.ac.id] Sebanyak 98 lulusan Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN SGD Bandung mengikuti Pembinaan dan Pelepasan Alumni Wisudawan/wati Angkatan ke-66 dengan menghadirkan narasumber Faria Abdul Wahab di Aula FAH, Sabtu (21/1).

Menurut Dekan, Dr. Setia Gumilar, M.Si acara pembinaan dan pelepasan alumni wisudawan angkatan ke-66 yang diikuti oleh 98 peserta terdiri dari jurusan Sejarah Kebudayaan Islam 42 orang, Bahasa Sastra dan Arab 34 orang dan Sastra Inggris 21 orang dan D3 Bahasa Inggris 1 orang ini, “Syukuri. Minta doa dan memohon maaf kepada orang tua sebagai bentuk syukur atas kelulusan ini karena ciri orang yang sukses itu selalu mensyukuri apa yang ada,” paparnya.

Rasul mengingatkan kepada kita, sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia. “Oleh karena itu, jadikanlah momentum ini sebagai modal untuk meraih kesuksesan dikemudian hari,” terangnya.  

Kegiatan ini harus kita dukung untuk menjalin silaturahmi di lingkungan Fakultas Adab dan Humaniora. “Silaturahmi ini tidak boleh terputus setelah acara perpisahan ini. Untuk itu, jadikanlah Fakultas ini sebagai rumah kedua kita, ” sambungnya. 

Untuk meraih kesuksesan, Dekan memberikan contoh kepada kita untuk belajar pada lebah. Dalam tulisan Ahmad Agus Fitriawan pada Hikmah Republika menjelaskan ada 6 karakter lebah yang mengandung hikmah. Pertama, hinggap di tempat yang bersih dan menyerap hanya yang bersih. Kedua, mengeluarkan yang bersih. Dari lebah yang dikeluarkan adalah madu yang menyehatkan bagi manusia. Ketiga, tidak pernah merusak. Lebah biar bagaimanapun menambatkan diri di dahan. Dahan itu tidak rusak dan patah.

Keempat, bekerja keras. Lebah adalah pekerja keras. Kelima, bekerja secara kolektif dan tunduk pada satu pimpinan. Lebah selalu hidup dalam koloni besar, tidak pernah menyendiri. Keenam, tidak pernah melukai kecuali kalau diganggu. Lebah tidak pernah memulai menyerang. Ia akan menyerang hanya manakala merasa terganggu atau terancam. “Keenam karakter lebah ini harus kita jadikan modal untuk meraih kesuksesan,” paparnya. 

Dekan berpesan kepada seluruh calon Wisuda untuk tetap menjaga nama baik kampus dan harus memiliki kepedulian terhadap masyarakat sekitar. “Saya berharap lulusan FAH harus bisa menjaga nama baik almamater dengan mengedepankan sikap dan perbuatan yang baik, peduli terhadap masyarakat sekitar karena sesungguhnya ujian terberat itu ada di masyarakat,” jelasnya 

Sebagai bentuk rasa syukur atas keberhasilan Fakultas yang ikut menghantarkan mahasiswa menjadi sarjana, pihak alumni yang diwakil oleh Agam Pratama, S.Hum memberikan penghargaan kepada Dekan Fakultas Adab dan Humaniora. Juga dari pihak Fakultas memberikan penghargaan dan sertifikat sebagai bentuk apresasi terhadap 3 lulusan terbaik: Resa Riayatus Salamah, S.Hum dari jurusan SI dengan IPK 3,590; Oman Abdurrohman, S.Hum dari jurusan SKI dengan IPK 3,72; Nurul Khatimah dari Jurusan BSA dengan IPK 3,89. Selamat. [Humas Al-Jamiah]