UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Dosen FTK Jadi Dosen Teladan PTKI Kemenag RI 2015

[www.uinsgd.ac.id] Dr. Hj. Ade Yeti Nuryantini, M.Pd., M.Si, dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) dan Dr. Jajang A Rohmana, M.Ag, dosen UIN SGD Bandung dpk STAI Miftahul Huda Subang terpilih sebagai dosen Teladan PTKI Kemenag RI 2015 yang digelar oleh Kementerian Agama melalui Ditjen Pendidikan Islam dalam rangka memberikan apresiasi atas kiprah dan prestasi yang diukir oleh para civitas akademikia, utamanya dosen dan mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI).

Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin mengatakan bahwa apresiasi ini merupakan salah satu bentuk penghargaan terhadap para dosen dan mahasiswa berprestasi agar mampu menghasilkan karya-karya monumental dan dibutuhkan masyarakat. Karenanya, Kamaruddin Amin mengajak civitas akademika untuk terus melakukan inovasi dan kreativitas di bidang pendidikan, utamanya Pendidikan Islam.

“Civitas akademika, jangan berhenti berkarya. Teruslah melakukan pengembangan diri, berinovasi dan kreatiflah. Teruslah menulis dan berkarya,” pesan Dirjen Pendis saat memberi sambutan pada Apresiasi Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam di Jakarta, Kamis (10/12) malam.

Civitas akademika yang bernaung dalam Kementerian Agama, mempunyai tak kurang dari 415 profesor, 3.000-an Doktor dan 30-an ribu dosen. “Saat ini ada sekitar 3.150 program studi (prodi) yang berada di 65 PTKIN dan sekitar 650 PTKIS. Bayangkan, berapa karya yang bisa dihasilkan jika para dosen dan profesor tersebut berkarya? Tanya Dirjen.

Dirjen mengaku, apresiasi yang diberikan  Direktorat Pendidikan Tinggi Islam masih sangat kecil dan tidak sebanding dengan karya yang dihasilkan para kaum cerdik pandai tersebut. Namun demikian, apresiasi ini diharapkan dapat menjadi  stimulus untuk terus berkarya dan berinovasi.  “Insentif yang tidak seberapa ini diharapkan  mampu menjadi pemicu bagi para penerima penghargaan dan anggota civitas lainnya untuk terpacu melakukan perbaikan diri, berkarya dan berprestasi,”  katanya.

Ihwal terpilihnya 2 dosen UIN SGD Bandung sebagai dosen teladan PTKI Kemenag RI 2015 dibenarkan oleh Dr. Dindin Jamaluddin, M.Ag, Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) yang menghadiri langsung penganugrahan ini atas nama Rektor UIN SGD Bandung, yang didampingi oleh Wakil Dekan I Fakultas Tarbiyah (FTK), Dr. Hj. Aan Hasanah, M.Ed.

Menurut Ketua LPM, ada tiga Kategori disiplin ilmu yang diperlombakan dalam rangka meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan. Pertama tentang Islamic Studies. Kedua, Sosial Humaniora. Ketiga, Sains & Technologies. “Untuk Ibu Dr. Hj. Ade Yeti Nuryantini, M.Pd., M.Si, dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) juara II dalam bidang Sains & Technologies dan Pa Dr. Jajang A Rohmana, M.Ag dosen UIN SGD Bandung dpk STAI Miftahul Huda Subang juara II dalam bidang Islamic Studies,” jelasnya.

Dengan adanya penganugrahan ini, Ketua LPM berharap “Mudah-mudahan dapat menjadi pemicu bagi dosen di lingkungan UIN SGD Bandung untuk terus meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan dalam mengembangkan kualitas diri yang dapat memberikan implikasi terhadap kemajuan lembaga tercinta ini,” pungkasnya. []