UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

DKM Gelar Seleksi Muadzin Iqomah

[www.uinsgd.ac.id] Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Iqomah, UIN Sunan Gunung Djati Bandung menggelar kegiatan Seleksi Muadzin Masjid Iqomah Tahun 1438 H – 2017 M, Selasa (28/03) bertempat di Masjid Iqomah, UIN Sunan Gunung Djti Bandung. 

Rektor, Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si., yang berkenan membuka kegiatan tersebut, dalam sambutannya mengatakan bahwa mayoritas Muadzin yang tersebar di masjid-masjid wilayah sekitar kampus adalah mahasiswa atau alumni dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Oleh karena itu, para Muadzin masjid Iqomah jangan ketinggalan dari segi kualitas suaranya. Rektor sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh pihak DKM Masjid Iqomah, UIN Sunan Gunung Djati Bandung. “Menjadi muadzin merupakan kegiatan yang paling besar pahalanya, karena memanggil orang untuk melakukan sholat atau ibadah kepada Allah, dan merupakan ibadah yang ikhlas. Seorang muadzin jangan banyak menuntut balasan dari manusia, namun Insha Allah balasannya dari Allah, nanti akan didapatkan di akhirat. Walaupun demikian kehidupan muadzin senantiasa akan mendapat kebaikan dunia dan kebaikan akhirat”, tuturnya. 

Drs. A. Bachrun Rifa’i, M.Ag., Ketua DKM Iqamah dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan Seleksi Muadzin ini adalah merupakan kegiatan yang berkesinambungan dari Program-program yang dilaksanakan seperti lomba Kultum Ibu-ibu, lomba Tahfidz al-Qur’an, lomba Puisi Islami, lomba baca Barjanji, dan lomba Sholawat. “Pelaksanaan Seleksi Muadzin sebagai salah satu kegiatan yang fundamental bagi ummat Islam, karena seorang Muadzin adalah seseorang yang melaksanakan amanah untuk memanggil para Jama’ah untuk melaksanakan Sholat”, ungkapnya.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa 28 Maret 2017 di Masjid Iqomah UIN SGD Bandung, tersebut dihadiri oleh Majlis Taklim Ibu-ibu DKM UIN, UPTQ, LDM, ASWAJA. Sedangkan yang bertindak sebagai Dewan Juri adalah Drs. H. Abdul Mujib, M.Ag. & Rohmanur  Aziz,M.Ag. Peserta seleksi sebanyak 57 orang terdiri dari mahasiswa Fakyltas Ushuluddin 20 orang, Fakultas Dakwah dan Komunikasi 13 orang, Fakultas Syari’ah dan Hukum 9 orang, FISIP 5 orang, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan 4 orang, Fakultas Adab dan Humaniora 4 orang, Fakultad SAINTEK 4orang, dan  Fakultas Psikologi 4 orang Peserta.

Inilah Hasil Seleksi Muadzin Masjid Iqomah UIN SGD Bandung:

JUARA I: Ardiansyah Rizki Fauzy (Fak.Tarbiyah & Keguruan Jur. Pend. Bhs. Arab, Smt.II);

JUARA II: Zezen Futuhal Arifin (Fak.Tarbiyah & Keguruan, Jur. Pend. Agama Islam, Smt.IV);

JUARA III: Hasanudin (Fak. Dakwah & Komunikasi, Jur. Manj. Dakwah, Smt. IV).

JUARA HARAPAN I: Ahmad Widani (Fak.Ushuluddin, Jur.Ilmu Al-Qur’an, Smt.II).

JUARA HARAPAN II: Zaenal Mutakin  (Fak.Ushuluddin. Jur.Ilmu Al-Qur’an & Tafsir, Smt.IV).

JUARA HARAPAN III: FIKI (Fak.Tarbiyah & Keguruan,Jur.Pend.Fisika, Smt.IV). [Humas AlJamiah]