Diserahkan Rektor UIN SGD Bandung ke Bupati Bandung

5.117 Peserta KKN Sisdamas untuk Citarum Harum

[www.uinsgd.ac.id] Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung, Prof. Dr. H. Mahmud, menyerahkan 5.117 peserta Kuliah Kerja Nyata Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN Sisdamas) kepada Bupati Kabupaten Bandung, H. Dadang M Naser, SH., S.Ip., M.Ip yang digelar di Gedung Mohamad Toha Soreang Bandung, Selasa (31/7).

“KKN Sisdamas ini akan berlangsung di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum Kabupaten Bandung dari tanggal 31 Juli-31 Agustus. Nantinya mahasiswa itu akan dibagi menjadi 416 kelompok yang menempati 139 Desa di 16 Kecamatan,” ujar Rektor.

Dijelaskannya, KKN Sisdamas merupakan proses pembelajaran masyarakat dalam membangun desa. Proses pembelajaran sebenarnya yaitu proses pendidikan. Artinya lanjut Rektor perubahan dapat terjadi melalui proses pendidikan yang didampingi oleh mahasiswa sebagai fasilitator di wilayah kelurahan/desa sasaran.
“KKN Sisdamas ini dilaksanakn di Kabupaten Bandung karena tiga hal penting. Pertama, ikut menyukseskan Citarum Harum. Kedua, Kabutapen pertama yang siap mendukung program Rumah Al-Quran di kampus III dalam rangka mencetak sarjana ulama zaman now. Ketiga, madrasah Husnul Khatimah,” jelasnya.

Rektor berharap dengan adanya KKN Sisdamas ini dapat menjadi momentum yang tepat bagi mahasiswa untuk menjadi motivator, fasilitator, dan penyelesai masalah bagi masyarakat Jawa Barat.

“Saya berpesan agar semua dosen pembimbing lapangan dan peserta KKN Sisdamas untuk menjaga nama baik lembaga, belajar bersama dan berkarya sungguh-sungguh. Dengan demikian, keberadaan UIN SGD Bandung dapat lebih mengakar dan dirasakan keberadaannya oleh masyarakat,” pintanya.

Dukung Rumah Alquran
Bupati Bandung H. Dadang M Naser, SH., S.Ip., M.Ip sangat mengapresiasi atas kehadiran mahasiswa UIN SGD Bandung yang melaksanakan KKN Sisdamas. Kegiatan ini, katanya memantapkan Kabupaten Bandung yang maju, mandiri dan berdaya saing, khususnya dalam mencetak bidang pendidikan berdasarkan nilai-nilai agama dan ajara Islam.

“Dengan KKN Sisdamas, mahasiswa dan mahasiswi diharapkan dapat mengimplementasikan secara langsung ilmu yang telah didapat di kampus di tengah-tengah masyarakat. Apa masalahnya, dan berikan solusi yang terbaik,” jelasnya.

Ihwal mencetak sarjana ulama zaman now, Bupati Bandung siap mendukung pembangunan Rumah Al-Quran dengan memberikan bantun hibah. “Untuk madrasah Khusnul Hotimah, pihak UIN SGD Bandung harus bersinergi dengan Kabupaten Bandung karena memiliki lembaga lansia yang harus diisi dengan pembinaan, arahan dari kampus, ulama supaya tidak hanya diisi dengan senam olahraga, tapi rohaninya juga diisi dengan agama dan pemahaman Islam yang benar, sehingga meninggal dalam keadaan Khusnul Hotimah,” pungkasnya.

Serah terima KKN SISDAMAS ini disaksikan Wakil Rektor I, Prof Dr H Asep Muhyiddin, M.Ag., Kepala Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. H. Jaenudin, M. Ag., Kepala Biro Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan, Drs. H. Akhmad Luthfi, M.M., Dekan Ushuluddin Prof. Dr. H. Rosihan Anwar, M.Ag, Dekan Fakultas Syari’ah dan Hukum Dr. Ah. Fathonih, M.Ag, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Dr. Sahya Anggara, M.Si, Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Dr. H. Opik Taupik Kurahman, M.Ag, Dekan Fakultas Psikologi Dr. Agus A. Rahman, S.Psi., M.Psi, Ketua Satuan Pengawasan Internal Dr. Hj. Dedah Jubaedah, M. Si., Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Dr. Munir, MA., Ketua Pusat Pengabdian kepada Masyarakat, Dr. H. Ramdani W Sururie, M.Ag, M.Si. (B.47)

Sumber, Galamedia 1 Agustus 2018

WhatsApp
Facebook
Telegram
Print
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *