UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Dengan Akhlak, UIN SGD Bisa Tegak

[www.uinsgd.ac.id] Lagi, wisudawan Jurusan Muamalah Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN SGD Bandung, Ujang Waldiman,  meraih nilai terbesar 3,77 (cumlaude) dari 139 wisudawan FSH yang dilantik di Gedung Serbaguna kampus itu, Minggu (15/3).

“Wisuda merupakan puncak dari proses pendidikan di perguruan tinggi, naumn bukanlah segala-galanya dalam konteks belajar sepanjang hayat (long-life education). Sebab, manusia adalah makhluk pembelajar yang tidak pernah mengenal kata berhenti,” kata  Pengganti Sementara (PgS) Rektor UIN SGD Bandung Prof Dr H Muhtar Solihin, M.Ag di hadapan 990 wisudawan.

Ia berharap, para alumni S1 dapat meneruskan ke jenjang magister, yang lulus magister melanjutkan ke jenjang doktor, dan yang doktor dapat mengembangkan ilmunya lebih jauh untuk memperoleh derajat mulia di sisi Allah. “Para alumni telah terbukti mampu berkiprah di berbagai lapangan kehidupan, baik bidang keagamaan, pemerintahan, politik, ekonomi, sosial, budaya, maupun bidang lainnya. Ada yang menjadi ulama, politisi, pengusaha, seniman, dan seterusnya, seuai dengan bidang keahliannya,” jelasnya.

Prof Mukhtar berpesan kepada semua alumni agar menjaga akhlak karimah dan menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman di manapun berkiprah. “Dengan akhlaklah, UIN Bandung akan tegak. Kami berharap semua alumni bias menegakkan akhlak mulia dan menyebarkan panji-panji Islam,” katanya.

Dekan FSH Prof Dr H Oyo Sunaryo Mukhlas, M.Ag mengucapkan selamat kepada 139 lulusan FSH yang berhasil menyandang gelar, baik sarjana maupun doktor,  semoga sumbangsih keilmuannya lebih meningkatkan percepatan pencapaian misi FSH yang unggul dan kompetitif.

“Perlu diingat, lulus program S1 ini mesti dijadikan lembaran baru untuk mengabdi kepada masyarakat. Kalian harus menjadi pelopor pembangunan, sehingga mampu membawa perubahan ke arah yang lebih baik di masyarakat.  Dan, sebagai sarjana muslim harus dirasakan betul oleh masyarakat. Apalagi lulusan FSH, dengan kemampuan Segitiga Emas tentunya  mumpuni dengan ilmu hukum, ilmu syariah, dan ilmu ekonomi,” pesan Dekan.[Nank]