UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Dakhîl al-Naqli dalam Alquran dan Tafsirnya Departemen Agama RI edisi 2004

Pengertian al-dakhîl dalam tafsir adalah; Penafsiran Alquran dengan al-ma’tsûr yang tidak sahih, penafsiran Alquran dengan al-ma’tsûr yang sahih tetapi tidak memenuhi syarat-syarat penerimaan atau penafsiran Alquran dengan pendapat yang salah.
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini ialah; kemungkinan keberadaan al-dakhîl al-naqli dalam sepuluh juz pertama Alquran dan Tafsirnya Departemen Agama RI Edisi 2004, bentuk dan faktornya. Kemungkinan itu dijaring dengan sembilan bentuk al-dakhîl naqli. Contoh cara kerja penelitian ini sebagai berikut; bila Alquran dan Tafsirnya merujuk hadis dalam menafsirkan ayat, maka diteliti kualitas kesahihannya. Bila data-data yang ditemukan menunjukkan bahwa hadis tersebut daif yang tidak layak dijadikan hujjah, maka tafsir dikategorikan sebagai dakhîl al-naqli pertama.
Setelah dilakukan penelitian dan pembahasan terhadap pokok permasalahan, ternyata dalam sepuluh juz pertama Alquran dan Tafsirnya Departemen Agama RI Edisi 2004 terdapat 16 (enam belas) tafsir dakhîl al-naqli.