UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Cabang MKIQ Sumbangkan Emas untuk UIN

[www.uinsgd.ac.id] Cabang Musabaqoh Kandungan Imiah Al-Qur’an (MKIQ) menyumbangkan emas pada gelaran Pekan Ilmiah, Olah Raga, Seni, dan Riset (PIONIR) ke VI yang diselenggarakan di Banten, (19-24/08/2013). Ia adalah Wahyu Saripudin, Ketua Senat Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Wahyu unggul setelah menyisihkan peserta yang lain dengan judul makalah “Islam dan Kesalehan Multikultural; Transformasi Nilai-nilai Islam, Upaya Mewujudkan Toleransi bagi Masyarakat Multikultural”.

Perlombaan pada MKIQ menitikberatkan pada kemampuan menulis dengan mengeksplorasi isi kandungan al-Qur’an dan Hadits. Sesuai dengan peraturan, Wahyu menggunakan mesin tik portable saat menulis makalahnya tersebut. Sementara jenis karangan merupakan karangan ilmiah popular. Wahyu dan peserta lain diberikan waktu 9 (Sembilan) jam.

Ketua Senat Tarbiyah dan Keguruan tersebut mempresentasikan hasil buah pikirnya dihadapan juri, peserta, dan penonton selama 10 menit dan Tanya jawab 15 menit. Setelah mempresentasikan hasil buah fikirnya, Wahyu unggul atas peserta yang berasal IAIN Jambi dan UIN Malang.

Wahyu merasa senang dan bangga atas apa yang diraihnya tersebut, seperti dilaporkan Reporter Iman Fauzi Ghifari langsung dari Banten.”Ini berkat dukungan dan doa dari semua pihak. Alhamdulillah bisa mendapatkan emas dan rasanya bangga bisa memberikan sesuatu yang berharga bagi kampus,”ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Kemahasiswaan, Drs. Asep Saeful Malik, M.Ag yang mendampingi acara hingga selesai bersykur atas kemenangan yang diraih oleh Wahyu,”Alhamdulillah bisa dapat emas. Semoga bermanfaat,”kata Asep.

Selain pada kategori Putra Cabang MKIQ, kategori putri MKIQ juga mendapatkan gelar juara. Iis Nurasyiah Jamilah mendapatkan medali Perunggu sebagai peserta putri MKIQ juara III. Pada cabang Pencak Silat, Ikhwan Sarfawi keluar sebagai juara II dan berhak mendapatkan medali Perak. Juara II lainnya yang mendapatkan medali perak adalah pada Cabor Voly Putri.

Sedangkan pemenang medali perunggu lainnya adalah atas nama Duden Aiman Saleh pada Cabor Badminton single dan Ganda Putera, Voly putera serta MKIQ kategori Putri. Total raihan medali 1 emas, 2 perak, dan 4 perunggu.

Iman Fauzi Ghifarie, Reporter UIN Sunan Gunung Djati Bandung melaporkan langsung dari arena pertandingan.***[Dudi]