UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Budayakan Tertib Berlalu Lintas

Permasalahan  yang sering dihadapi di setiap kota-kota dan daerah di Indonesia ialah masalah pelanggaran berlalu lintas. Hal itu dapat dilihat dari tingkat kecelakaan yang terus naik di setiap tahunnya, baik itu kecelakaan tunggal maupun kecelakaan beruntun. Hal ini terjadi bukan karena faktor eksternal saja tetapi dipengaruhi faktor internal, yakni kurangnya kesadaran dalam menaati peraturan berlalu lintas. Padahal, peraturan ini dibuat demi menciptakan keamanan dan kenyamanan berlalu lintas. Namun, sayangnya tingkat kesadaran berlalu lintas di Indonesia masih tergolong rendah.

Oleh sebab itu, kita sebagai penerus bangsa harus bekerja sama dengan pemerintah untuk bersama-sama menciptakan Indonesia tertib berlalu lintas agar tercipta kenyamanan saat berkendara. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan demi menjalankan program Indonesia tertib lalu lintas. Pertama, mengadakan sosialisasi ke setiap elemen masyarakat dan semua tingkat pendidikan mulai TK, SD, SMP, hingga SMA. Memberikan arahan pentingnya mematuhi aturan berlalu lintas, memperkenalkan berbagai peraturan yang ada, serta adanya sanksi bagi setiap pengendara yang melanggar aturan.

Sebabnya, memberikan pendidikan mengenai peraturan berlalu lintas sejak dini mampu menekan tingkat pelanggaran dan membawa perubahan yang lebih baik. Namun, sosialisasi ini harus dilakukan secara berkelanjutan dan diadakan di semua lembaga pendidikan di Indonesia, terutama di tingkat SMP dan SMA. Alasannya, kebanyakan pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas ini ialah anak usia remaja.

Kedua, mengadakan razia. Adanya razia diharapkan bisa meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berkendara. Ketiga, memasang CCTV di setiap rambu-rambu dan pertigaan jalan. Keempat, memasang iklan dengan tema Ciptakan budaya indonesia dengan menaati peraturan berlalu lintas di berbagai media, baik media massa maupun daring sehingga pesannya bisa sampai ke semua kalangan dan berbagai daerah yang ada di negeri ini. Kelima, adanya kesadaran diri. Ini yang terpenting dan harusnya ada pada setiap diri manusia.

Percayalah, jika program itu dijalankan dengan baik, akan tercipta kenyamanan dan keamanan berlalu lintas. Sayangi diri dan keluarga Anda dengan tertib berlalu lintas. Ingatlah, dengan tertib berlalu lintas kita telah memberikan keselamatan kepada diri sendiri dan orang lain.[]

Indah Padillah, Komunikasi penyiaran Islam UIN SGD Bandung

Sumber, Forum Media Indonesia 28 November 2017