UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

BSO Robotika Juarai Kompetisi Robot Nasional

[www.uinsgd.ac.id] Mahasiswa Badan Semi Otonom (BSO) Robotika Teknik Elektro di bawah naungan Dewan Mahasiswa (Dema) Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) UIN Bandung berhasil menorehkan prestasi di ajang Kompetisi Robot Nasional antar Perguruan Tinggi, Minggu (07/10/2018) di Universitas Negeri Jakarta.

Mereka berhasil menjuarai Kompetisi Robot Nasional dalam Electronics Open Robotic (EOR) kategori Line Follower Digital yang berlangsung pada 6-7 Oktober lalu. Line Follower Digital yakni kompetisi robot dimana sistem perlombaanya mengikuti garis yang didesain sedemikian rupa dan dalam kecepatan tertentu. Adapun robot yang diikutsertakan dalam kompetisi tersebut harus mempunyai sensor untuk mengikuti garis.

BSO Robotika meraih juara kedua dan menambah prestasi yang dicapai sebelumnya. Mereka pernah menjuarai kompetisi robotik berskala internasional yang diikuti empat negara. Selain itu, juga mewakili Indonesia pada kompetisi yang digelar di Singapura. Namun, karena sejumlah kendala, mereka tidak bisa mengikuti kompetisi tersebut.

Ketua BSO Robotika, Azhar Muhammad menuturkan lamanya persiapan jelang kompetisi, “Persiapan menjelang perlombaan biasanya 2 minggu hingga sebulan. Beberapa hari jelang hari H, intens berlatih tiap malam,” tuturnya.

Robot yang digunakan saat kompetisi bukanlah robot yang dimiliki BSO Robotika, tetapi robot milik pribadi yang pada pendaftarannya dibiayai BSO Robotika. “Sebelum mengikuti lomba, allhamdulilah tidak ada kendala, paling latihan saja. Tapi ketika hari H, kendala yang terjadi justru tidak terduga seperti masalah tiket kereta,” lanjutnya. Azhar berharap, BSO Robotika dapat berkembang menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa di UIN Bandung dan menorehkan lebih banyak prestasi. (Rita Sarinengsih, Cikal Bintang/Jurnal Pos Media)