UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

BSI Gelar Seminar Sastra Sunda

[www.uinsgd.ac.id] Dalam rangka rangkaian kegiatan Pekan Ilmiah Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris menggelar Seminar Nasional dengan tema “Pertemuan Sastra Sunda dengan Islam dan Barat”, dengan menghadirkan narasumber: Dr. Wawan “Hawe” Setiawan, MA., dan Ki Dalang Opick Sunandar Sunarya yang bertempat di Aula Anwar Musaddad, Selasa (1/11).

Acara seminar ini dibuka oleh Wakil Dekan III FAH, Dr. Dadan Rusmana, M.Ag, dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan Pekan Ilmiah FAH tersebut akan dilaksanakan selama sepekan penuh. “Kegiatan ini merupakan sebuah keinginan yang kuat dari lembaga (FAH), untuk terus menggali khazanah lokal kesundaan, keislaman dan keindonesiaan, tanpa mengabaikan aspek modernitas yang saat ini berkembang. Upaya ini juga bertujuan untuk menyeimbangkan arus bahasa dan budaya luar yang kini secara masif berdatangan dan berkembang di Indonesia”, tuturnya. 

Untuk menyeimbangkan dari semakin nyatanya persaingan global tersebut, maka kegiatan kuratif seperti workshop dan seminar-seminar dengan tema-tema tersebut, sangat diperlukan sebagai upaya transfer keilmuan kepada para mahasiswa sebagai generasi penerus.

“Sejalan dengan visi misi FAH, yang konsen pada upaya menggali, memelihara dan mengembangkan kajian-kajian Adab dan Humaniora yang berbasis khazanah lokal, maka perlu juga diadakan lomba-lomba yang berkaitan dengan kajian tersebut untuk mengembangkan inovasi dan kreativitas para mahasiswa, agar ilmu pengetahuan tersebut tidak berjalan statis” jelasnya.

“Dengan demikian, sastra dan budaya lokal khususnya Sunda semakin eksis, dan kesadaran akan pentingnya sosialisasi dan publikasi karya literasi kesundaan akan semakin luas” pungkasnya. [Humas Al-Jamiah]