UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

BSA Gelar Workshop Drama

[www.uinsgd.ac.id] Jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA) Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN SGD Bandung menggelar Workshop Drama bertajuk “Penyutradaraan dan Keaktoran” dengan menghadirkan narasumber: Yayan Katho, Bunyamin Fasya, Senin (24/10).

Acara yang diikuti oleh seluruh mahasiswa BSA ini dibuka secara resmi oleh  Wakil Dekan I FAH, Wakil Dekan I : Dr. Ading Kusdiana, M.Ag. Dalam sambutanya Wakil Dekan I sangat mengapresiasi kegiatan workshop Drama ini dalam rangka mengingakatan kemampuan mahasiswa dan lulusan FAH yang siap bersaing dengan perguruan tinggi lain. 

Sebelum seorang sutradara mengarahkan semua pemain dalam sebuah produksi, ada baiknya sutradara memiliki kepekaan terhadap Rumus 5–C, yakni close up (pengambilan jarak dekat), camera angle (sudut pengambilan kamera), composition (komposisi), cutting (pergantian gambar), dan continuity (persambungan gambar-gambar).

Seorang sutradara juga harus memahami unsur-unsur visual (visual element) yang sangat penting dalam mengarahkan seluruh krunya. Ada enam unsur visual yang harus diperhatikan, sikap pose (posture), gerakan anggota badan untuk memperjelas (gesture), perpindahan tempat (movement), tindakan/perbuatan tertentu (purpose action), ekspresi wajah (facial expression), dan hubungan pandang (eye contact).

Dengan menguasai Rumus 5 C dan Visual Element secara baik dan benar bisa dipastikan seorang sutradara akan mampu membuat film menjadi tontonan menarik dan munculnya situasi komunikatif antara tontonan dan penonton.[]