UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

BKI Bidik Program-Progam Pemerintah Jabar

[www.uinsgd.ac.id] Kepala Seksi Bina Bimbingan Sosial Jabar, Drs. Kakay Karyana mengatakan, ilmu-ilmu yang ada di Bimbingan Konseling Islam bisa diterapkan di Dinas Sosial. “Di Dinas Sosial banyak program, ilmu bimbingan konseling Islam saya rasa bisa diterapkan di program-program dinas sosial. Bisa masuk dalam bina panti sosial remaja,” ungkap Kakay.

Hal itu disampaikan dalam seminar ekpose program dinas-dinas Jawa Barat di Aula Fakultas Dakwah dan Komunikasi pada Kamis (4/04/ 2013). Seminar ini merupakan hasil Kerja Bareng Jurusan Bimbingan Konseling Islam (BKI) Fakultas Dakwah dan Bimbingan Konseling Agama Islam (Bingkai) yang dikoordinatori oleh Syifa Rahmawati.

Menurut Syifa, tujuan diselenggarakannya seminar tersebut adalah untuk mencari peluang bagi mahasiswa dan alumni jurusan BKI baik untuk keperluan magang, kerja atau kerjasama program.

Hal senada juga di Badan Narkotika Nasional (BNN) Jabar. Edi Haryadi, pembicara dari BNN Jabar mengatakan, mahasiswa-mahsiwa jurusan Bimbingan Konseling Islam UIN bisa menjadi konselor di BNN. “Di kami baru ada dua pekerja lepas konselor adiksi. Diharapkan dari BKI UIN bisa bergabung di BNN,” ucapnya.

Ditemui di sela-sela acara, Ketua Jurusan BKI, Aef Kusnawan, mengatakan target penyelenggaraan acara tersebut adalah untuk membuka akses bagi lulusan BKI khususnya serta bagi mahasiswa untuk magang kerja. “Bukan hanya jurusan BKI, ekspose tersebut juga memediasi jurusan lain, seperti Ilmu Komunikasi,”jelas Aef.

Diantara 11 instansi tersebut ada yang telah menjalin kerjasama sebelumnya dengan BKI seperti BNN dan BKKBN. Dalam konteks tersebut, menurut aef hanya menguatkan kerjasama yang telah ada. Sementara dengan dinas yang lain, seperti Disdik, Dinsos, Dinas Koperasi, Dispora, Disparbud, Disnaker, Perum Perhutani, Bappeda, BPLHD, dan Dinas Kebersihan. Untuk sisanya, jurusan BKI menjajaki kemungkinan adanya kerjasama untuk penyelenggaraaan pelatihan.

Kegiatan seperti ini menurut Aef, memiliki outcome untuk jurusan, yaitu pembenahan kurikulum praktik mahasiswa.

Sementara itu, Pembantu Rektor I, Prof. Dr. Afifudin, MM menyambut baik kegiatan-kegiatan seperti ini.”Sangat mendukung kegiatan seperti ini sebagai bagian dari penyempurnaan kurikulum,”ujarnya.

Adapun program-program yang coba dibidik oleh jurusan BKI adalah program-program yang bisa dikerjasamakan dengan jurusan dan mahasiswa bisa belajar di dalamnya. ***[dudi]