UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

BEM Fidkom Gelar Pelatihan Keprotokolan

[www.uinsgd.ac.id] Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (Fidkom) UIN SGD Bandung tuntas menggelar pelatihan keprotokolan selama dua hari (15-16/2). Pelatihan yang dihadiri 48 peserta ini dilaksanakan di Aula Fidkom ini dibuka oleh Dekan Fidkom Prof. Dr. H. Asep Muhyidin, M.Ag, seperti dilansir BandungOke.

Pelatihan dimaksudkan untuk mencetak kader protokoler yang profesional, berwibawa, dan humanis. Dalam sambutannya, Pembantu Dekan III Dr. Ujang Saefullah, M.Si menyatakan, sasaran pelatihan untuk meningkatkan kemampuan dan keahlian para peserta dalam  hal keprotokolan.

Lebih jauh Ujang mengungkapkan, “Setelah pelatihan, setiap perwakilan dari jurusan masing-masing membentuk tim protokol jurusan. Nanti, juga akan ada tim protokol fakultas” ujarnya.

Imbauan untuk membentuk tim protokol ini juga dimaksudkan agar setiap acara yang diselenggarakan dapat berjalan sesuai peraturan keprotokolan. Tak hanya itu, pelatihan tersebut juga menjadi tolak ukur penilaian untuk tim protokol tingkat fakultas.

Termasuk di Dunia Bisnis

Materi yang diberikan dalam pelatihan tersebut sangat beragam. Diawali dengan pentingnya keprotokolan yang disampaikan oleh Dr. K.H. Zaenal Abidin, M.Ag. “Sistem keprotokoleran sangat menentukan sukses atau tidaknya suatu acara atau upacara,” tandasnya.

Materi selanjutnya disampaikan H. Imron Rosyidi, M.Si. Ia mengulas tentang protokoler dan pergaulan etika bisnis. Menurutnya, protokoler pada awalnya hanya diaplikasikan dalam kegiatan humas pemerintah. Lain halnya dengan sekarang dalam dunia bisnis pun protokoler juga memiliki fungsi yang sama pentingnya. Reputasi perusahaan sangat penting untuk diciptakan dan dipertahankan.

Selain pemberian materi yang berkenaan dengan sistem keprotokolan juga ada praktik protokoler dan table manner yang dipandu Diah Rahmi Astuti, M.Si. Dalam praktiknya, peserta diarahkan untuk dapat memahami bagaimana sikap dan etika makan di sebuah meja makan. Di akhir rangkaian acara, peserta yang telah membentuk kelompok diintruksikan untuk menjadi tim protokoler dan menangani sebuah acara formal. [SuakaOnline]