UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Belajar Bahasa Persia Bersama Iran Corner

[www.uinsgd.ac.id] Iran Corner (IC) bekerjasama dengan Fakultas Ushulluddin UIN SGD Bandung membuat program pembelajaran bahasa Iran yang dilakukan oleh Khonum Shafa itu terdiri dari dua kelas yang diselenggarakan di Aula Fakultas Ushuluddin, setiap hari Kamis dan Jum`at, mulai pukul13.00 hingga pukul 15.00 WIB.

Kata Khonum berasal dari bahasa Persia yang artinya Ibu dan dibantu oleh Koko yang artinya Bapak.

“Bahasa Iran  itu sendiri merupakan bahasa ibunda bangsa Iran. Suatu bahasa berupa kumpulan suku yang berketurunan orang arya. Lebih kurang 70 peratus daripada penduduk Iran merupakan penutur ibunda bahasa Iran,“ ucap Gustiana, bagian kerjasama Fakultas Ushuluddin, Selasa (25/12).

Komunitas IC ini dirintis pertama kali oleh Pembantu Rektor II Muhtar Solihin pada tahun 2008. IC telah berhasil membuka seminar yang bertema tentang Peradaban Manusia yang dilaksanakan beberapa waktu yang lalu.

Andre Mahasiswa Aqidah Filsafat mengatakan bahwa akan banyak diadakan berbagai acara lagi yang berhubungan dengan IC tersebut. Hanya saja masih harus menunggu Gedung baru Fakultas Ushuluddin selesai secara financial maupun secara structural.

“Karena kurang cocok dan elegan apabila mengundang kedutaan Iran di gedung Ushuluddin yang sekarang,” ujarnya.

Selain di UIN SGD Bandung, IC juga telah berkiprah dalam membuka seminar internasional di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. [SuakaOnline]