UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Bedah Buku, Upaya Menciptakan Kultur Akademik Baru

[www.uinsgd.ac.id] Bedah buku merupakan salah satu upaya menciptakan atmosfir akademik yang lebih baik di lingkungan UIN SGD Bandung.  Sungguh apa yang dilakukan Fakultas Syariah dan Hukum yang bekerjasama dengan bank Mandiri Syariah Ujungberung dan penerbit Tinta Biru untuk menggelar bedah buku Pranata Ekonomi Syariah dalam Teori dan Praktek karya Prof. Dr. H. Hendi Suhendi (alm) dengan menghadirkan pembicara Dr. Yadi Janwari, MA (Penyaji), Dr. K. H. Muhammad, M. Ag dan Prof. Dr. H. Jaih Mubarok, MA (Pembedah) yang dipandu oleh Sarip Muslim, MA di Aula Fakultas Syariah dan Hukum lantai IV, Kamis (27/9).

Menurut Ahmad Hasan Ridwan, Ketua Pelaksana menjelaskan pentingnya menyelenggarakan bedah buku ini karena; “Pertama, keterpelajaran atau keintelekan seseorang yang diakui secara mumpuni dengan integritas yang baik dapat dibuktikan melalui karya ilmiah. Sungguh apa yang telah dilakukan oleh Prof. Hendi menunjukkan keterpelajarannya yang diakui secara bersama-sama. Kedua, Sebagai bentuk apresiasi kita semua terhadap keintelekan Prof. Hendi. Mudah-mudahan dengan adanya karya ini bisa menjadi bahan rujukan bagi para pegiat ekonomi, khusunya ekonomi syariah yang jadi trend center sekarang dalam setiap menyelesaikan persoalan ekonomi. Ketiga, Sebagai bentuk komitmen dari Fakultas Syariah dan Hukum untuk menciptakan kultur akademik yang labih baik. Caranya dengan memberikan penghargaan yang setinggi-tinginya kepada dosen yang selalu berkarya. Mudah-mudahan dapat memberikan motivasi kepada kita semua untuk tetap berkarya dan menulis buku supaya bisa dibaca dan didiskusikan secara bersama-sama,” paparnya.

“Oleh karena itu, kegiatan bedah buku ini menjadi penting. Apalagi buku yang kita bedah ini salah satu karya terbaik dari Prof. Hendi yang telah banyak berjasa dalam mengembangkan fiqh muamalah, ekonomi syariah di lingkungan Fakultas Syariah dan Hukum,” tegasnya.

Bagi Prof. Dr. H. Oyo Sunaryo Mukhlas, M. Si, Dekan Fakultas Syariah dan Hukum menambahkan “Lahirnya buku ini, dapat melengkapi kontinuitas gagasan akademik Prof. Dr. H. Hendi Suhendi, M. Si (alm) sebelumnya yang telah diberi label akademik sebagai kajian Fiqh Muamalah.”

Berbeda dengan buku-buku sebelumnya, buku ini memang lebih praktis dan aplikatif, karena berpijak pada data-data dan aktualisasi empiris praktik Ekonomi Syariah. “Semoga dengan adanya semacam panduan ekonomi syariah ini tidak hanya menjadi alternatif, tetapi dapat memberikan ruh positif dalam setiap menyelesaikan persoalan ekomoni yang menimpa bangsa ini. Antusias Prof. Hendi untuk menciptakan ini sangat kuat jika kita melihat dari gagasanya yang dituangkan dalam makalah, ceramah, diskusi dan seminar,” jelasnya.

“Untuk itu, saya sangat mengapresiasi atas buku ini yang berhasil didokumentasikan oleh Dr. Yadi dan Dindin supaya kita semua bisa menuangkan segala ide, gagasan ke dalam bnetuk buku untuk kepentingan keilmuan,” ujarnya.

Melalui karya buku ini kata Dr. H. Dindin Jamaluddin, M. Ag menuturkan “Kehadirnya buku ini bisa dipahami sebagai usaha untuk menciptakan dialektika seorang intelektual dalam memberikan kontribusi dan manfaat dirinya terhadap lembaga supaya ikut andil mewujudkan kultur akademik yang lebih baik.”

Salah satu cara menciptakan atmosfir akademik yang lebih baik di lingkungan UIN SGD Bandung dengan memberikan apresiasi, mendiskuiskan karya tokoh yang ahli di bidangnya. “Cara meneladani seorang tokoh di kampus, seperti Prof Hendi dengan membedah buku atau mengumpulkan karya-karyanya yang tercecer untuk dibukukan karena dengan mentradisikan model ini dapat menciptakan kultur akademik baru yang lebih baik di kampus UIN SGD Bandung,” komentar Prof. Dr. H. Muhammad Ali Ramdhani, S.TP, MT, Pembantu Rektor III atas diselenggarakannya bedah buku Pranata Ekonomi Syariah dalam Teori dan Praktek. [Ibn Ghifarie]