UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Bank Syariah Dorong Mahasiswa Tingkatkan Keterampilan Perbankan Syariah

[www.uinsgd.ac.id] Pengetahuan di bangku kuliah belum cukup bagi mahasiswa untuk bisa terjun ke dunia kerja. Karenanya, mereka perlu didorong untuk lebih kreatif dan inovatif ketika melakukan magang praktik perbankan syariah di lapangan. Hal tersebut ditegaskan oleh salah seorang dosen pembimbing Praktik Perbankan Syariah Dr Deni K Yusup, MA mengutip ungkapan dari beberapa pimpinan Bank Syariah tempat magang mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN Sunan Gunung Djati Bandung. 

“Bank Jabar Banten Syariah (BJBS) pun sangat mendorong semua mahasiswa magang  untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis di bidang operasional perbankan syariah,” ujar Dr Deni, usai menyerahkan Certificate of Appreciation kepada Kepala Kantor Cabang Pembantu Bank Jabar Banten Syariah Rancaekek Bandung, belum lama ini. Hal yang sama juga dilakukan oleh semua dosen pembimbing lapangan kepada 16 pimpinan perusahaan perbankan syariah lainnya yang tersebar di seluruh Jawa Barat.

Pada kesempatan tersebut, Dekan FSH UIN Sunan Gunung Djati Bandung Prof Dr H Oyo Sunaryo Mukhlas, M.Si menjelaskan, setiap tahunnya FSH UIN Sunan Gunung Djati Bandung selalu menerjunkan mahasiswa semester enam Program Studi S1 Manajemen Keuangan Syariah dan S1 Muamalah (Perbankan Syariah) untuk melaksanakan praktik perbankan syariah di lapangan. Program akademik semacam ini mutlak diperlukan sebagai bagian dari proses studi yang berkelanjutan pada FSH.

Menurut Prof Oyo, ada tiga tujuan utama pelaksanaan praktik perbankan syariah ini. Pertama, meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mahasiswa dalam bidang perbankan dan keuangan syariah. Kedua, meningkatkan keterampilan praktis mahasiswa di bidang perbankan dan keuangan syariah; dan ketiga, meningkatkan kepercayaan diri dan mental mahasiswa agar siap pakai di dunia kerja setelah mereka lulus studi.

Praktik Perbankan Syariah ini merupakan bagian penting dari pogram kegiatan akademik yang terus berlangsung setiap tahunnya. Untuk mendukung program ini, selama bertahun-tahun FSH UIN Bandung telah menjalin kemitraan dengan semua bank syariah, berikut semua kantor cabangnya yang tersebar di berbagai daerah di seluruh Jawa Barat. Di antaranya Bank Syariah Mandiri, BJB Syariah, BRI Syariah, BNI Syariah, Bank Bukopin Syariah, Bank Permata Syariah, BTN Syariah, BCA Syariah, Bank Panin Syariah, Bank Muamalat Indonesia, BPRS HIK Parahyangan, BPRS Amanah Rabaniyah, BPRS Baiturridha, BPRS Al-Wadiah, BPRS Harum Hikmah Nugraha, dan BPRS Al Ma’soem.

Ditegaskan, di tahun-tahun mendatang kegiatannya akan lebih dikembangkan lagi, dengan menyelenggarakan Intensive Training Program in Sharia Banking dan Sharia Banking Corner bagi kalangan dosen, peneliti, dan mahasiswa yang saat ini sudah ada dan telah menjadi bagian dari kultur akademik di FSH UIN Bandung. “Atas nama seluruh sivitas akademika FSH UIN Sunan Gunung Djati Bandung saya ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak, terutama semua pimpinan bank syariah yang telah mendukung suksesnya kegiatan praktik perbankan syariah ini,” kata Prof Oyo. [Nank]